Social Icons

Pages

Tuesday, May 20, 2014

Bikin rak tabung reaksi (kimia)

Kegiatan lagi padat merayap, kondisi dijejali tugas-tugas multitasking, project dihiasi kegagalan dan trouble, yahhh itumah biasa....., kalo begini terus mood bisa berantakan, pikiran bisa ngaco, haha...seperti biasa refresing paling tepat adalah nonton acara bermutu (jangan ngarep TV nasional) atau bikin sesuatu...haha ga ribet sama gw mah... ini refresingnya.... ~~tring...


Iya kondisinya masih berantakan, karena emang lagi ngerjain sesuatu and deadlock......troublenya ok banget abis satu tumbuh satu, wkwkwk....tapi karena biasa jadi biasa aja, tapi gw tau banget adat sendiri, jadi manuver untuk refresing ya bikin rak tabung reaksi dulu deh....


Yaaa udah mulai perlu tabung-tabung reaksi tapi perlu rak khusus yang ga cuma mikirin fungsi tapi juga tampilan, karena mata ini diciptakan untuk melihat keindahan, and tangan ini diciptakan untuk berbuat karya nyata, so lupakan dulu tugas pokok, and jangan dengerin apa cibiran orang, toh mereka bukan Tuhan, so do NOT stupid, wkwkwk..., yang jelas rak tabung reaksi yang ada ga enak diliat, so PERMAAAAAKKKKKK!!!!


Saatnya pemilihan bahan, ukur mengukur dan kerjakan.....






Wah ko jadinya bgini ya, hahaha....ga enak, PERMAAAKKKKK!!! Pasang lis buat frame pinggirannya. Rak ini jadinya COMBO, selain bisa muat tabung-tabung reaksi bisa muat bermacam jenis ukuran pipet, dkk.




Ga tau kenapa getaran acrylic plus frame alumunium ga enak dibadan ga ada groove or ngblendnya, ......ngomong apaansih, wkwkwk.....

Akhirnya pencarian bahan dicari kayu yang bagus, tapi namanya juga refresing jadi kudu jadi hari ini juga and semua bahan pake yang ada, ....ok permak lagi gan, haha....



Cara bikin kaki rak biar diliat ga bikin picek mata :D
Ada bahan bagus kayu berumur tua...kayanya dah berumur ratusan taon coy, hahaha....gila dibor aja kerasnya ampun, kaya kayu bengkirai asal kalimantan tuh kayu produk tanah aer yang keras banget, ini kayu dari laci risbang tempat tidur, hahaha.....hajaaarrrrrr!!!!




Proses pengeleman menggunakan lem kayu sebelum tahap memasang skrup yang panjangnya 5cm, hahaha....diiket menggunakan selotip kertas.



Liat baut yang dipake GUEDE banget coy, panjang maksudnya 5cm, .......uedian..., tapi yang pendek ga ada, masa kudu keluar dulu beli?...... ngga lah..., adanya ini ya manfaatkan aja, yang penting pas ngebor tehniknya kudu canggih, karena kalo ngga canggih bisa keluar tu sekrup and ngerusak kayunya, soalnya bagian ini ga bisa pake bor duduk tapi bor tangan and ukuran kayu bener-bener kritis, salah-salah tehnik gagal dah... inget tahan napas and posisi kuda-kuda harus mantap, wkwkwk....





Akhirnya dibuat rak tabung reaksi satu baris, sebelumnya dibuat 2 baris plus tempat pipet, dkk...ok refresing hari ini kelar sempoa besok-besok tinggal beli plitur biar warna kayunya keluar, it's time back to work...........

Final result
Ada bonusnya dari refresing ini.....









Sisa hasil ngebor dari bahan acrylic and kayu bisa dipake untuk hal laen.


Finishing yang digunakan plitur dengan pelarut dari air (bahan campurannya air bukan thiner), fotonya ga ada angle lain....lagi males moto, haha..., kalo dari deket urat kayu cukup bikin perasaan adem, sengaja juga ga dihampelas halus supaya keliatan ada bopak-bopak, vintage abeeessss, ngeliat and deket-deket kayu kaya gini bikin badan and otak sefrekuensi sama kayu, and bikin tenang.....beres deh....semoga bermanfaat.

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment