Social Icons

Pages

Friday, September 6, 2013

Bedah Parfume Ruangan Elektrik

Bongkar Pengharum Ruangan yuk!!!

Stella mini matic (Parfum ruangan)
Wah jadi iklan neh kepaksa, kudunya dapet royalti neh, penasaran sama pengharum ruangan elektrik, yang bisa menyemprotkan parfume didalamnya secara otomatis, bagaimana cara kerjanya ya? Secara elektronika otomatisnya mungkin saya punya sedikit gambaran secara persepsi, tapi mekaniknya bagaimana ya? Apa yang menekan parfum untuk keluar, sistem dan metoda apakah gerangan yang digunakan? 

Penasaran ini semakin menjadi-jadi setiap harinya, sungguh tidak enak menerka-nerka seperti apa cara kerjanya. 

Ya udah bongkar aja, gitu aja ko repot!!! 

Ya ga sesimpel itu, masalahnya pengharum ruangan itu punya orang laen bukan milik pribadi, hehe...Oh tidaaaakkk!!!

Suatu hari yang tepat, hati ini tergerak untuk menerkam pengharum ruangan, lalu saya persiapkan obeng positip kecil dan besar, aha!!!...ternyata tidak sulit menemukannya dilaci meja. Tanpa basa basi langsung diterkam, parfum elektrik saya eksekusi dengan gentle dan ternyata seperti inilah penampakannya.


Selenoid sebagai nozzel tampak atas (keluaran)

Selenoid sebagai nozzel (tampak bawah)

Ada beberapa jenis parfum ruangan elektrik ini, ada yang pake remote segala, semuanya diatur secara elektrik, untuk dapat menekan tabung parfum pada waktu-waktu tertentu sesuai yang telah diprogramkan pabrik. 

Ternyata sistem kerjanya adalah dengan prinsip kumparan, persis prinsip kerja selenoid atau relay, bentuknya pun tidak jauh beda dari relay, bedanya selenoid ini tidak difungsikan sebagai saklar, tapi dimanfaatkan daya tekannya, jadi bedanya selenoid ini memiliki inti kumparan yang bolong tembus keatas yang berfungsi sebagai nozzel dengan ukuran yang mungil dan presisi untuk melakukan pengkabutan parfum, bhahaha..... bahasanya pengkabutan, lo kira karburator??? Boleh juga ni selenoid, karna bisa dimanfaatkan dalam project-project pengembangan saya, hahaha...

Soalnya belum tentu ada dipasaran jualannya, apa perlu saya berharap parfum ini cepat rusak, ato sedikit sentuhan sabotase? Hehe....no no no, ga perlu begitu, itu namanya echois (baca egois).

Ga kebayang kalo kita bikin sendiri, bikin selenoidnya mudah, tapi nozzel nya itu dari logam lagi, langsung kebayang mo bikin apa, hahaha.... dah pasang lagi ah, ga seru gitu doang isinya.

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment