Social Icons

Pages

Wednesday, September 4, 2013

Bikin Generator dari motor DC bekas Printer

Nah...ketemu lagi dah, sebetulnya draf tulisan-tulisan saya banyak banget cuman ga bisa upload foto and video karena koneksi lemot banget, haha...belon apa-apa klarifikasi duluan. Ok sekarang kita mo ngapain ni??

Sekarang kita akan bikin generator gratisan lagi, hahaha..."life too expensive to pay", so dari masalah yang ada mari kita berfikir dan meneliti hingga menjadi karya.

Kita tau masalah terbesar negara ini adalah melambungnya harga-harga, dan ga pernah ada sejarah turunnya harga-harga tersebut. Termasuk urusan energi, listrik, BBM, selalu naik, seandainya kita bisa menghasilkan listrik sendiri dengan biaya murah dan mudah kenapa tidak kita membuatnya, waahh..ide bagus tuh, sayang kalo cuman jadi wacana.

Ok saya adalah pemulung, pemulung ilmu dan sampah, hahaha...khusus sampah elektronik, kita bisa membuat sesuatu dari sampah yang tidak bernilai dan nyusain, ditangan seorang yang cerdas sampah terbukti bisa menjadi karya yang bukan sekedar mahal dan manfaat tapi memiliki "Value" dimasyarakat.

Saya usaha bergerak dibidang printing dan sablon, so mesin printernya buanyak, haha..plus bakti orang-orang yang menyumbangkan sampah-sampah tersebut, didalam printer terdapat lebih dari satu motor DC, dan motor stepper, beda tuh.

Tapi disini ga penting perbedaan itu yang jelas copotin dulu tu motor-motor DC nya, dari kedua jenis motor tersebut dapat kita manfaatkan menjadi sebuah generator, apaaaa??? Jhiah...ketauan baru tau ya, hehe...ok lanjut ya, tapi sebelumnya mingkem dulu ya, kagetnya udahan dulu, hehe...

Motor DC printer bekas
(pic by embedded-lab.com)
Motor Stepper printer bekas, mesin fotocopy bekas
(pic by engadget.com)
Nah kalo dah begini tinggal liatin aja video tutorial sangat singkat ini.


Mudah banget emang, khusus untuk motor DC arah putaran menentukan polarisasi arus listrik, jadi kalo misal menggunakan motor ini untuk menyalakan lampu LED, arah putaran yang salah tidak akan mampu menyalakan lampu LED, beda dengan konstruksi motor stepper, mo diputer kemana aja lampu LED tetep nyala.

Baca juga artikel Bikin Generator dengan Umpan BalikBikin Power Bank SendiriJoule Thief (apaan tuh?) di blog ini untuk mengembangkan generator ini.

Ok sampe disini apa ada ide untuk membuat PLN sendiri dirumah? Think out of the box, maka ide itu bukan hal mustahil lagi, mudah-mudahan artiel ini bisa menginspirasi daya kreativitas teman-teman.

Sampai ketemu di tulisan-tulisan saya selanjutnya.


Post a Comment