Social Icons

Pages

Thursday, September 12, 2013

Bikin insang buatan

Gw dari dulu sering kali berfikir andai saja bisa membuat alat seperti insang pasti akan sangat bermanfaat, insang? Alat bernafas ikan? Iya...insang alat pernapasan ikan, ko kaget ya, hahaha...

Insang berenang-renang di air, air masuk dan disaring oleh insang ikan dan diambil O2 nya untuk proses oksidasi ikan, tapi ikan ada 2 macam, ikan air asin dan ikan air tawar, waahhh...kepanjangan kalo ngebahas itu, soalnya akan ada proses osmosis, gw hari ini lagi mikir lagi soal gimana caranya bikin insang buatan, wah songong lo kaya yang ngarti kimia aja!

Hahaha...bener ga ngerti kimia ini mangkannya seharian gw berkutat dengan kertas dan pinsil sibuk membuat formula, eeeh...yang jadi resep dodol, hahaha...., maklum dulu pernah sekolah tapi gw ga suka kimia karena gurunya ga asik, terus gw marahin, eehh...dipanggil dah ortu kesekolah, lo kira liburan musim panas jalan-jalan kesekolah? desigh!

Hahaha...kepanjangan ah ceritanya, jadi gw menemukan ide sewaktu mempelajari logam alkali, kimia itu ternyata mengasikan RUARR BIASA, gw belum pernah sengotot ini, baru sama kimia penasarannya ga abis-abis, dan kimia ini nyambung kedunia elektronika, fisika dan biologi, Segala Puji bagi Allah, bengong memikirkan hal-hal seperti ini adalah pengalaman yang sangat membahagiakan.

Singkatnya begini reaksinya :

4K2O(s) + 2H2O(l) => 4KOH(s) + 3O2(g)
KOH(s) + CO2 => KHCO3

Ketika bernafas kita menghirup O2 kemudian O2 keluar lagi membawa atom carbon menjadi carbon dioksida CO2, para saat buang napas kita juga mengeluarkan H2O atau uap air.

Kalium superoksida berfungsi mereaksikan uap air menjadi oksigen dan kalium hidroksida, dan KOH digunakan untuk mengikat CO2 menjadi KHCO3, tentunya hal ini masih jauh dari sempurna karena proses terlalu cepat dinetralkan, seharusnya CO2 direaksikan menjadi O2 dengan mengikat carbon disuatu tempat.

Dikompas TV gw pernah nonton scuba diving tanpa gelembung, maklum ga suka nonton pelm! beruntung pas gonta-ganti channel nemu acara ini, tmeradang disini ga ada discovery dan nasional geographic channel coy!!!

Ternyata namanya adalah REBREATHING, kemarin ga sengaja dikasih tau temen,  diacara itu dijelaskan alat ini dioperasikan secara komputerisasi, sangat mungkin untuk dibuat alias Do It Your Self! Secara elektronik gw ga minder, gampang bisa dibuat, tinggal kimianya neh...

Rebreathing
Masa iya orang-orang ahli kimia disana ga bisa bikin insang buatan, gw ga percaya, kayanya bukan mereka ga bisa cuman kalo teknologi ini dibuat ga akan ada perputaran ekonomi, karena semua berjalan terlalu lambat lama rusaknya, hahaha...

Rebreathing ini tetep ada batas pakainya, jadi ga bisa lo semingguan dalem aer, karena limbah carbon dari CO2 bakal jadi racun kalo filter carbon ga diganti-ganti, merhatiin ga?

Diawal kalium superoksida dibuat setengah jalan, rebreathing juga dibuat setengah jalan, proses terlalu cepat dinetralkan dan senyawa yang sudah dinetralkan hanya menjadi limbah tanpa dijadikan reaktan lagi, itulah sebabnya hal ini sangat- sangat memungkin kan untuk dibuat.

Untuk bikin semua serba komputerisasi jaman sekarang udah bukan hal yang  mustahil kita bener-bener bisa membuatnya secara Do It Your Self, sensor O2, CO2, hidrogren, alcohol, LPG, banyak dijual ditoko-toko robotik,  tinggal melengkapi keilmuan elektronika, programming dan embedded system jadi dah, hahaha....ini baru asik namanya, ajib bos....hahaha....

Selamat meneliti dan berfikir, science can find the essence of life.

Sampai ketemu di tulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment