Social Icons

Pages

Wednesday, September 4, 2013

Mengenal microcontroller (embedded system) and ROBOTIC


Microcontroller apa itu?

Pada awalnya saya mengenal microcontroller karena peristiwa tidak sengaja, waktu berniat untuk membuka warnet, dan warnet itu ga jadi publish karena komputernya mati satu persatu, ternyata perjalanan rugi dan gagal membuka warnet itu yang mencapai jutaan rupiah itu hikmahnya adalah kelas microcontroller dan robotik. 

Kelas alam, mekanisme alam selalu berpasang-pasangan, ada suka dan duka, pahit dan manis, dan semua itu adalah makna yang kita berikan, sebetulnya setiap kejadian itu bersifat netral, menjadi pahir dan manis karena pikiran kita yang memaknai.


Saya memang suka elektro tapi non akademis dan tidak punya guru, bisa dilihat dari tulisan-tulisan dan karya saya diblog ini, tapi itu tidak penting, karena kita hidup bukan sedang berlomba untuk cari siapa yang paling pandai dan siapa yang paling hebat, tapi yang dinilai oleh Sang Maha Pencipta adalah karya nyatanya, manfaatnya bagi alam dan lingkungan juga sesama. 

Maka dari itu blog ini isinya adalah keseharian saya, karya-karya saya, cara berfikir saya, kenakalan-kenakalan saya yang terangkum dalam problem disolve, jadi dijamin tulisan-tulisan saya tidak berbagi kegalauan, hehe...

Sedikit cerita ya, dari rusaknya komputer tersebut saya jadi aktip mempelajarinya, karena lucunya temen yang ahli dibidang inipun tidak mampu menolong, sampe tukang service ga ada yang mampu benerin, jadi kasusnya tingkat tinggi, tapi karna saya hadapi siang malem sambil cari referensi via google, karna ga ahli dibidang itu, pada akhirnya saya mengenalah apa itu microcontroller, karena kasus pertama adalah BIOS yang terserang virus, hehe...BIOS kena virus? Iya ga boong ko, dan ternyata diluar negri kasus seperti ini ada, tergantung dari BIOS nya, saat itu komputer yang sakit BIOS nya dari PHONIX.

Akhirnya saya mengenal apa itu microcontroller, jika saya terjemahkan microcontroller adalah sebuah CHIP IC yang dapat kita program sendiri  fungsi dan kaki-kakinya, dipasaran chip IC dibagi 2 golongan yaitu CISC complex instruction set computing dan RISC reduce instruction set computer. CISC adalah chip yang digunakan komputer atau alat-alat yang membutuhkan perhitungan tinggi, memiliki fungsi sedikit tapi pemrograman yang compleks, sedangkan RISC adalah chip ic yang memiliki banyak fitur cukup tapi dengan pemrograman yang mudah, bahkan proses pemrograman itu sendiri ga bikin kepala beruban dan serangan jantung, hahaha....

Nah sekarang banyak para produsen chip menyuguhkan chip-chip ini dalam bentuk sistem minimum yang user friendly, bahkan anak TK pun bisa ngedadak jadi mahir bikin robot, bukan cuma bikin tapi merancang dan membuatnya.
 
CHIP keluaran dari Microchip PIC
Awalnya saya mengenal chip PIC dulu, produk microchip dengan bahasa pemrograman C, ga lama mainin PIC, lalu ke UC (baca microcontroller), keluarga MCS-51 karena chip ini murah dengan jumlah port IO yang lebih banyak, hanya Rp.10.000.- saja saya bisa punya chip ini, hehe...nama chipnya AT89S52 produk Atmel, dan saya bermain dengan pemrograman assembler, inilah cinta pertama saya AT89S52 dan assembler, hingga saya agak sulit untuk menyukai bahasa C. Untuk kalangan Programmer hal ini aneh, karena kebanyakan takut dengan bahasa pemrograman assembler, hahaha...tapi begitulah kejadiannya.
 
UC keluarga MCS-51 AT89S52
Dari sana saya hijrah lagi ke ATmega8535 masih produk Atmel, bedanya diharga chipnya dan chip ini sudah dilengkapi oleh ADC internal,  setelah ini baru saya mengenal ARDUINO, yang jauh lebih mudah, jadi judulnya bersusah payah dahulu lalu senang kemudian, hahaha....

Karena saya memang suka, jadi saya ga pusingkan tentang rugi warnet, dll. Ini hikmah masalah yang dihadapi dan diselesaikan tanpa kegalauan, hahaha..., sebetulnya semua manusia punya masalah, hanya lingkungan lebih mengajarkan kita konsep untung dan rugi, konsep ini yang meracuni cara berfikir dan cara bertindak kita, hingga tidak sedikit orang menjadi mudah stres dan galau, putus asa, bahkan bunuh diri hanya untuk urusan-urusan sepele, kita tidak sadar sebetulnya kemampuan ini (stres) diajarkan, bahkan ditongkrongan anak muda yang terlihat sedang tertawa, ibu-ibu arisan, kantin sekolah, warung kopi, tidak jarang saling berbagi kegalauan, ditambah film korea, yang banyak mengajarkan bahwa menangis itu enak, beriba diri itu enak sekali, dan itu manusiawi, hingga akhirnya pikiran dan badan ini menjadi sangat sensitip karena terlatih, munculah istilah galau, dan menjadi trend, karena kalau dibilang stres orang masih gengsi dan hina, tapi kalau dibilang galau agak terhormat.


Macam dan jenis ARDUINO system minimum board

ARDUINO UNO pertama saya made in Italy
Arduino adalah open source, jadi mulai dari shematic circuit sampe bootloader tersedia disitus resminya arduino.cc, jadi andaikata kita mau membuatnya sendiri sangat bisa, maka dari itu keluarlah clone dari arduino ini, bahkan diindonesiapun banyak yang membuatnya dan menjadikannya sebuah brand baru, arduino uno pertama saya sudah menggunakan chip ATMEL 328P, saat itu saya membelinya seharga Rp.300.000 dari famosastudio.com, hati-hati penipuan tidak sedikit orang tertipu sama jualan laris manis ini.

Arduino UNO board sudah termasuk sistem minimum dan USB to TTL untuk mengupload program, jadi satu board ini sudah bisa membuat anda praktek banyak hal, dilengkapi juga dengan IDE integrated development environtment yang gratis dapat didownload di situs resminya.

Khusus buat arduino mini ato pro mini tidak dilengkapi oleh USB to TTL, jadi harus menggunakan FTDI, atau menggunakan board arduino UNO pun bisa dengan trik tertentu, whoalaaa....mudah sekali ya, bahkan di italy sana ini maenan anak-anak SD, bahkan mereka banyak membuat tutorial di youtube, hehe...

Setelah saya menemukan ARDUINO ternyata masih ada lagi sistem minimum yang jauuuuuh lebih asik dan user friendly sampe anak TK pun bisa memainkan ini. 

Anak TK maen robotik??? maen programming??? Iya bener, malah sekarang sudah menjadi mata pelajaran ekstra di SD-SD tertentu, nama sistem minimum ini adalah LEGO NXT Mindstorm, produk dari LEGO mainan anak-anak yang ditempel-tempel itu, bedanya ada lebihnya yaitu sensor, motor, dan chip sistem minimum yang bisa diprogram sebagai otaknya, bahkan programmingnya dilakukan secara user friendly sekali, tidak berbentuk script tapi berbentuk silmulasi gambar, jadi anak kecil akan sangat mampu dan suka memainkannya, bagian mekaniknya misal bikn robot berkaki, atau robot beroda yang dilengkapi sensor sudah dalam bentuk pieces LEGO, jadi tinggal tempel-tempel, ya tentunya ga asal tempel, tentu harus ada rancangan awal, dan ini sangat cocok untuk anak kecil, sebagai gerbang awal untuk mengenal dunia robotik, saya jamin semua anak kecil pasti suka mainan ini, meskipun mungkin ada yang suka merancangnya saja, programmingnya saja, mekaniknya saja, atau menonton saja, hehe...


LEGO Mindstorm NXT
Setiap anak dilahirkan sudah built in dengan kecenderungannya terhadap suatu bidang tertentu, ada yang terlahir dengan minat banyak, ada yang terlahir hanya dengan 1 minat saja, tapi itu semua rencana Tuhan yang harus kita tangkap, agar mereka dapat menemukan minat yang sebenarnya, minat itu bukan kita yang menentukan, kita bertugas untuk menemukan dan mengarahkannya, tidak sedikit anak-anak dipaksa untuk masuk kedokteran padahal anaknya inginnya jadi koki. Orang  seperti ini sekarang banyak sekali, berdalih demi masa depan anak, seolah-olah ayah ibu adalah Tuhan yang tau betul masa depan anak, padahal semuanya demi kepuasan pribadi, ke-EGO-an pribadi yang selalu ingin dan minta disenangkan, hingga anak sendiripun didikte segala halnya, jika anak melawan cukup katakan "ANAK DURHAKA!!!".

Jika kita membeli chip dipasaran, maka chip tersebut belum bisa digunakan apa-apa, masih kosong belum ada programnya, maka dari itu kita harus membuat sistem minimum "embedded system" bagi chip tersebut, agar memiliki power suplay, oscilator atau kristal untuk frekuensi kerjanya, prot IO, nah sistem minimum ini sudah siap digunakan.

Sistem minimum AT89S52


Untuk alat downloader seperti Nue-125 hanya dapat digunakan dengan OS window Xp, namun dengan harga Rp.120.000 saja (saat itu) kita sudah bisa bereksperimen dengan coding, and uploading program, hehe...

Tapi sistem minimum ini masih kosong belum ada program, maka kita harus membuatnya dikomputer untuk membuat programnya sesuai tujuan kita akan difungsikan apa kaki-kaki microcontroller tersebut, dan dikomputer kita harus membuat program menggunakan IDE integrated development environtment yang sesuai dengan chip yang kita gunakan, setelah itu kita bisa menggunakan koneksi port paralel, serial, atau USB untuk mengupload program yang kita buat ke microcontroller, dan itu dibutuhkan rangkaian tambahan yang dinamakan downloader, downloader ini berfungsi sebagai interface atau antar muka yang menghubungkan antara komputer dan microcontroller, agar dapat berkomunikasi dan dapat mendownloadkan program dari komputer ke microcontroller, namanya proses upload.

Alat downloader ini juga harus disesuaikan dengan chip yang kita gunakan, sistem minimum yang kita gunakan, sekarang kebanyakan sudah mengadopsi ISP in system programming, artinya untuk memprogram chip microcontroller, chip tidak perlu dilepas dari board sistem minimum, bisa langsung plug and play.

Nue-125 (downloader untuk mengupload program dari komputer ke board)
Ada banyak downloader yang dikhususkan peruntukannya bagi chip-chip tertentu, saya menggunakan Nue-125, karena selain harganya murah juga dapat digunakan untuk banyak jenis chip produk ATMEL, dilengkapi 4 PCB Bonus  Sistem minimum yang dapat digunakan tipe Chip ATmega16, ATmega162, ATmega168, ATmega32, ATmega48, ATmega8, ATmega88, ATmega8515, ATmega8535, ATtiny2313, AT89S51 dan AT89S52. 

Anda tertarik mainin microcontroller? Sesuatu yang tidak kita kuasai selalu dianggap pikiran sebagai sesuatu yang luar biasa, sulit, ah ga mungkin dan bikin galau, padahal setelah dijalani kengerian itu akan pudar secara perlahan, dan tanpa kita sadari, jalani apa yang anda suka yang penting itu positip, karena anda akan menjalankannya dengan hati dan dengan gembira, proses kegagalan akan mampu anda maknai sebagai tantangan yang mengasikan, anda akan bisa fokus memikirkan problem solver, tidak akan sempat mengeluh dan menggerutu, jika sekarang anda sering mengeluh dan menggerutu boleh jadi anda sedang pada bidang dan tempat yang tidak tepat, juga waktu dan tempat yang salah, anda tidak dapat menemukan jati diri anda sebenarnya karena lingkungan membuat anda bingung.

Boleh jadi anda disana terpaksa dan tersiksa karena tidak dengan hati, tapi pikiran anda mengatakan disana lebih menguntungkan, dan anda mencari apa yang sebetulnya tidak anda butuhkan, permainan pikiran ini menyengsarakan anda.

Perlu diketahui apa yang pikiran kita perintahkan itu muncul dari ajaran, kita dari kecil diajarkan untuk memeluk konsep UNTUNG dan RUGI, mulai dari TK kita diajarkan untuk cari untung dan menghindari rugi, akhirnya yang kita cari nilai, dan kelulusan, bukan kemampuan, akhirnya kita hanya bisa menjadi buruh dan pesuruh, tidak bisa survive berdiri sendiri, dan terbukti sekali ilmu yang didapat disekolah tidak dapat kita realisasikan menjadi manfaat dalam bentuk karya nyata, mangkannya kita selesai sekolah sibuk cari kerja dan menjadi buruh atau pesuruh.

Idealnya dengan ilmu kimia saja kita bisa menjadi seorang kimiawan yang cukup, dan bukan tidak mungkin akan mendatangkan rupiah, atau dengan ilmu bahasa inggris saja mungkin kita sudah bisa mendapatkan uang, jika semua itu kita lakukan dengan hati (panggilan hati).

Saya bukan seorang akademis, rangking saya selalu jeblog, saya tidak suka sekolah, sekolah saya swasta terus karena NEM nya kecil, saya juga ga pernah kursus ini atau itu, dan selalu tidak didampingi oleh guru atau yang mengajarkan, tapi saya banyak bisa ini itu, karena masalah pada awalnya, hingga suatu hari saya dipaksa untuk menjadi tenaga ahli untuk mengurus suatu proyek, dan saya dibayar sehari Rp.450.000.- dan tidak kurang.

Dengan tidak bermaksud untuk menyombongkan diri, tapi hanya berbagi realita saja, kita lupa bahwa hidup kita 24 jam diawasi oleh Sang Maha Pencipta, dan Dia SELALU memenuhi apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan, karena Dia Maha Mengetahui, logika kita dilatih untuk merancang masa depan, tapi dari 1 juta orang yang merancang masa depan hanya 1 orang yang benar-benar sukses, kita cari senang, kita cari kesenangan, tapi cara kita salah, akhirnya yang kita dapat bukan kesenangan melainkan kesengsaraan, hingga rambutpun mulai beruban, dan sedikit rontok-rontok, sistem imun mulai terganggu dengan rentannya tubuh terhadap penyakit, kenapa? 

Karena kita stres, mangkannya kita sering lari dari masalah, dengan cara have fun, hang out, melepas penat katanya, tapi apa yang didapat, kerongkongan bukannya semakin segar malah semakin haus, padahal banyak hal kita lakukan untuk menghindari itu semua, kita sudah keluar area kemanusiawian, indikator itu terasa ditubuh kita, terasa dikeseharian kita, itu semua hadir sebagai warning system yang memberitahukan kepada kita sudah saatnya kita merubah tatanan yang keliru ini dengan tangan ini. Semoga dapat menginspirasi. 

Sampai ketemu di tulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment