Social Icons

Pages

Friday, September 13, 2013

Intip Jauh Motor DC

Kemarin saya cerita soal bikin generator bisa dilihat disini Bikin Generator dari Motor DC bekas Printer atau Bikin Generator abadi Melalui Metoda Umpan Balik, saya punya buanyak banget motor DC bekas printer ada ratusan, haha...belom stepper motor dari yang kecil ampe yang gede, yang ga punya motor servo, .... baru punya satu itu juga mini servo, hahaha... alhamdulillah segini juga uyuhan, ... yang cumi (cucah mingkem artinya ga ngarti), hahaha...


Sekarang saya mo kasih liat motor DC bekas printer ini punya torsi lumayan gede, apalagi kalo kita kombinasikan dengan gearbox, motor gearbox itu harganya emang ga bersahabat, yang gw aneh kenapa harganya segitu mahal coba? Semua yang berbau robotik itu mahal, coba liat harga roda, bahan plastik harganya Rp. 50.000.-, buat gw kalo punya duit segitu ga kreatip kalo beli barang seharga segitu, kalo gw mendingan pergi ke tukang loak, hahaha... untuk urusan prototype itu otak harus dibiasakan out of the box, karena ketika kita cari-cari barang loakan biasanya suka ada ide ngelompat, beda kalo lo udah produksi massal, itu laen cerita karena ditempat loak lo ga bisa idealis cari barang, lo kudu ikutin kemana angin pergi, hahah...

Ok motor DC bekas printer ini banyak gw dapetin dari printer-printer pemberian orang, secara gw adalah tukang rongsokan, hahaha.... I luv Junk a lot, karena sampah itu sering memberikan lompatan-lompatan inspirasi, bersyukurlah gw kismin, hahaha....

Motor DC printer bekas
Dibandingin motor tamiya, jelas keliatan bedanya dari gambar ini kan? liat lilitannya, itu kenapa motor ini torsinya gede, bedanya motor ini belom dilengkapi gearbox, motor ini termasuk jenis motor brush bedanya dengan motor tamiya dia sudah menggunakan carbon brush, kalo lo modifikasi motor ini dengan magnet neodymium torsi motor ini bakalan naek drastis seiring konsimsi dayanya jadi rakus, coba deh lo fikirin bisa jadi apa aja motor ini dengan sentuhan kreativitas, selain ngelempar anjing tetangga yang berisik!

Kita masih bermain diskala lilitan ya, blom pindah, haha...2013 masih aja maenannya lilitan, rotor dan stator, ga bosen? Gw dah mual-mual neh, hahaha.... sebelum kita pindah episode apa salahnya kita maksimalkan motor DC ini, sekarang sudah keluar apa itu piezo motor, What!!!.... kaga ada medan magnetiknya coy! Kapan kita bisa seperti itu? Kapan? Koes plus menjawab.....kapan-kapan aja ya, hahaha....

Saya belom cerita apa itu PIEZO elektrik ya? Yah abis gimana kita masih ngebahas diskala ini sih... kalo ngebahas sesuatu yang berputar otak kita langsung mikirnya motor kan? Mari kita berfikir Out Of The Box. Oo iya buat yang blom tau motor ini bermain tegangan dikisaran 12V, torsinya OK..lo mau buat mesin? Kenapa ga pake ini motor, konsumsi dayanya kan bakalan jadi kecil banget?

 Motor sebagai generator

Hasil reaksi kimia
Sore-sore gini enak ni minuman dingin, ada yang mau, nah kalo ini beneran songong, show off....tepok jidat, desigh!!!

Sampai ketemu di tulisan-tulisan saya selanjutnya.


No comments: