Social Icons

Pages

Tuesday, September 10, 2013

Bikin Detektor Radiasi EMF Sendiri bagian II

Sekarang saya mau cerita soal alat yang baru saya buat ini, namanya Detektor gelombang elektromagnetik yang sangat mini, singkatnya kayanya enakan detektor EMF super mini.

Bedanya alat yang saya bikin kali ini menggunakan Arduino Pro Mini, jadi bentuknya mungkil banget, and untuk indikator sensor saya menggunakan 7 segment, jadi tampilan kekuatan radiasi ditampilkan berupa angka dari 0 sampe 9, angka-angka ini sebetulnya belum mewakili satuan apapun, meskipun dengan sedikit mikir bisa aja dibuat satuannya, tapi yang jadi masalah males kalibrasinya itu, karena kalibrasi harus dilakukan secara software dan hardware, tampilan angka inipun melalui proses kalibrasi lho.

Arduino Pro Mini 328P

EMF detector mini
Penampakannya jadi seperti ini, kabel biru sama putih itu kabel FTDI ini masih proses coding. Alatnya hanya sebesar mini 7 segment plus antena dan batre, seukuran koin 500.

Mengukur radiasi raket nyamuk
Sebetulnya saya mau bagi-bagiin tutorialnya, cuman rencananya mau dari awal, toh ga semua orang sudah siap dengan maenan seperti ini, apalagi dengan coding-coding yang panjang, dan harus ngerti hardware juga, kapan ya bisa....ya kapan-kapan aja ya...hahaha....insyaallah.

Tampilan 7 segment
Setelah merasa rangkaian 7 segment tidak ada masalah maka langsung saya solder mati diboard Arduino Pro Mini, sambil bolak-balik dicek takut ada yang salah, setelah 7x dicek yakin ga ada yang salah ya udah langsung soldeeeeerrr!!!

Simungil EMF detektor mini
Sebetulnya cara kerja seperti ini salah banget, resiko banget, kalo ada cacat maka board bakalan susah direvisi secara hardware, ini disolder paten sementara coding blom diupload, so yakin aja, yang penting hardware udah 7x dicek and yakin ga akan ada masalah.

Jhiaahh...taunya bener nilai resistor kegedean, resistor ini fungsinya sebagai voltage devider, karena nilainya kegedean akhirnya input dari sensor langsung masuk dan diolah secara digital, artinya sensor jadi kelewat terlalu sangat sensitip, saya akalin dicoding untuk memanipulasi ini, bisa tapi ati jadi ga puas gitu deh...akhirnya saya inject pake trimpot untuk proses kalibrasi secara hardware, sekaligus kalibrasi secara software, dan berhasil, tinggal ngakalin nyolder resistor dengan nilai baru yang nilainya udah pas ini di board gimana caranya, hahaha...

Proses coding dan kalibrasi
Terjadi anomali, singkat cerita akhirnya saya rubah antenanya, bonusnya antena alat ini jauh lebih baik dari alat yang sebelumnya saya buat, karena terlindungi.

#proses kalibrasi sukses dengan mengukur radiasi raket nyamuk

#uji coba 1, pengukuran

Alat pertama yang dibuat sedang mengukur kuat radiasi HP
Alat ini masih sangat bisa dikembangkan, seperti mendeteksi EMF electromagnetic field, orbs (paranormal activities, jin, dll), aura, fluktuasi alam, tenaga metafisika, ionisasi, tenaga dalam, tenaga kuli, dll, dkk.

Karena keburu bosan dengan alat ini, maka alat ini tergeletak tanpa pertanggung jawaban disudut kamar lengkap dengan kabel-kabel masih menempel, ada hal yang lebih menarik perhatian saya, so saya tinggalin maenan yang satu ini, hehe....

Sampai ketemu di tulisan-tulisan saya selanjutnya.

No comments: