Social Icons

Pages

Thursday, March 27, 2014

Bikin mini DC motor gearbox (ZEMOD)

WOW dude... sekian lama ga bisa update blog, karena kesibukan yang memang super duper padat, alhamdulillah semua project satu persatu masih kesamper and masih tetap bisa dikerjakan, selain ratusan antrean project yang masih setengah jalan alias belum 100% selesai, ini project yang sudah 98% selesai.

EMOD mobil rakitan untuk berbagai project beroda
Ini dia ZEMOD mobil 4WD buatan sendiri, mobil ini terdiri dari :
  1. 4 mini gearbox = 4WD (bikin sendiri)
  2. 4 wheel + 4 rims ukuran JUMBO (biar terkesan sangar dan mampu menguasai segala medan)
  3. Chassis berbahan acliryc (bikin sendiri)
  4. Breadboad (untuk rangkaian trial)
  5. L298 driver + optoisolator
  6. Tempat batre 4xAAA, 9V, extra custom batre (Li-ion/Nicad)
Mobil ini nantinya akan dioperasikan menggunakan remote, tapi karena project ini untuk anak-anak tentunya ga asik kalo cuman dijadikan mobil RC biasa, project ini akan menguras habis apa isi otak mereka, kreativitas, dan daya imajinasi masing-masing anak, untuk itu mobil ini akan dikendalikan menggunakan tablet dengan memanfaatkan komunikasi bluetooth, anak-anak itu luar biasa dan kitalah yang harus biasa diluar, hahaha...melalui project ini anak-anak akan ditelanjangi untuk mengetahui the truly jatidiri dari masing-masing anak, dari sana dari jatidiri itu mereka harus berkembang, ....."dimulai dari NOL ya", hahaha....melalui potensi, minat dan bakat mereka.

Bicara mengenai minat, bakat dan potensi masing-masing anak tentunya ga akan pernah sama persis, mobil ini adalah jembatan untuk mendongkrak potensi mereka masing-masing, karena mobil ini harus dibuat menggunakan beberapa variabel yang dikemas dalam satu paket, diantaranya :
  1. Engineer mekanik
  2. Mekanik designer
  3. Engineer elektronika
  4. Elektronika designer
  5. Engineer programmer
  6. Fisika engineering
  7. Kimia engineering
  8. Matematik engineering
  9. Engineer creator (komponen)
  10. Engineer creator (budget)
  11. Engineer creator (sasaran output project)
  12. Business management
  13. dsb, dsb, dsb
Masih sangat banyak kalau kita terjemahkan satu-satu, nah anak ini dimana, anak itu dimana minat dan potensi terpendamnya, dari sana mereka harus tumbuh dan menjadi dirinya sendiri, dan mampu bekerjasama secara TEAM, karena kemampuan ini adalah KESADARAN TINGKAT TINGGI yang tidak dimiliki kebanyakan orang dijaman ini, dan kemampuan untuk memimpin diri dan memilih siapa partnernya nanti, mereka tidak akan banyak MENUNTUT dan PROTES, tapi mereka BERGERAK secara CERDAS dan BIJAK, dan semuanya tidak ada unsur keterpaksaan, galau, stres, bete dan teman-temannya, tidak akan ada standar prosedur dan SOP, tidak akan ada KURIKULUM dan SILABUS, semua akan dilakukan secara FUN! cukup saya sajah yang pusing, hahaha....

Jika darahmu tukang tahu, jadilah tukang tahu jangan menjadi artis
Jika darahmu artis, jadilah artis jangan menjadi tukang tahu 
(MichealGT quote)

Tapi sebetulnya ini media bagi saya untuk berkembang dan bermetamorfosa, karena saya sadar begitu banyak hal yang harus saya perbaiki dalam diri ini, anak-anak adalah media bagi saya untuk berkembang, dan mobil buatan saya adalah media bagi anak-anak untuk berkembang, tidak ada siapa yang paling hebat dan paling mulia kan disini? 

Karena ini adalah kerjasama coy, dan ini adalah tugas hidup yang BERAT! Berudu selamanya tidak akan dikatakan kodok selama dia belum ber-METAMORFOSA menjadi kodok dewasa, karena bisa jadi dia berkembang hanya menjadi THE GIAN BERUDU NOT FROG (MichealGT quote), wkwkwk..... salam dari para kodok :)

Ok kita mulai dengan membuat gearboxnya dulu, karena saya harus membuat 4 gearbox dengan spesifikasi sama persis, saya cari 4 motor DC dan 4x2 set gear yang sama persis, selanjutnya tinggal memikirkan box gearboxnya, so let the picture speak.....

Gear bekas mobil-mobilan dari tempat LOAK
Gear ini berbentuk sama persis dan ada 8 buah, saya butuh 2 gear untuk 1 set gearbox, 4x2=8 jadi pas dong. Gear ini didapat dari tabungan saya mengkoleksi barang loak, hahaha...

Pemilihan bahan baku box gearbox
Pengukuran & eksekusi
4x mini DC gearbox
4x mini DC gearbox
ZEMOD with 4WD mini gearbox
Semua gratis karena semua sudah ada didalam tabungan barang bekas saya, haha... acrylic didapat dari sisa project lain, baut-baut buanyak banget stocknya, komponen+modul elektronika semua barang lama, so project ini FREE OF CHART!

Mobil ini nantinya bisa digunakan untuk ratusan project berbasis roda, lain kali saya harus buat hexapod alias berkaki ....... but tar dulu napas dulu, haha...

Gearbox seperti ini harganya cukup selangit dipasaran, dan lebih menggila harganya kalo anda membeli produk TAMIYA, tapi membeli tentunya menghemat tenaga dan waktu, tapi anak 5 tahun bilang .............. "cuma orang kreatif yang bisa begini" ........ hahaha .... nah mereka menjadi tertarik untuk manjadi KREATOR bukan KONSUMEN..., trus kenapa ga beli aja mobil remote jadi? Mereka bilang ............. "%$^$%@#&" .... hahaha .... SOUNDS GOOD!

mini DC gearbox (metal gearbox) Rp.80.000 keatas

Rp.60.000 keatas

Simak artikel selanjutnya karena ZEMOD akan dikendalikan secara wireless menggunakan tablet or smartphone, atau menggunakan gelombang pikiran, haha...tenang-tenang itu bagian dari project yang belum selesai, nanti...nanti..., menggerakan mobil remote menggunakan pikiran itu sangat TIDAK mustahil, nantikan artikelnya cause saya mo istirahat dulu, lumayan stamina & otak kekuras, disini saya belajar langsung skala prioritas, menejemen diri (bukan menejemen waktu), dsb, karena project-project dan urusan lain tidak bisa ketinggalan, bergerak tanpa penuh HIASAN TEORI dan SOP, semoga ini menjadi ibadahku kepada Sang Maha Kuasa, amiin.

ZEMOD adalah kepanjangan dari Zrekhnong Mode, alias tring~~ jadi, wkwkwk...

Semoga bermanfaat

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.

Post a Comment