Social Icons

Pages

Tuesday, April 22, 2014

Bikin sambungan GAS 4 lubang

Sambungan GAS bertekanan rendah (100bar)
Susah memang kalo yang namanya serba ketergantungan, bocoran melalui ajaran agama juga memang menganjurkan kita (manusia) untuk tidak ketergantungan dengan segala sesuatu yang bersifat kebendaan, kecuali hanya kepada Sang Maha Pencipta, haha ... terkesan religius ya, ngga maksudnya mo ngomongin pipa sambungan 4 lobang yang ga ada dipasaran, kayanya memang harus bikin.
Kebanyakan dan memang yang ada dipasaran adalah sambungan pipa 1/4 atau 1/8 atau naek dikit hanya ada sambungan 3 lobang, nah kebutuhannya adalah 4 lobang, menunggu keajaiban malah keburu kiamat ntar, iseng ... dengan apa yang ada bisa jadi apa? Apa jadinya kalo di mix untuk menciptakan sambungan gas 4 lubang.

Keran angin + pentil ban 1/4


Ok disini saya pake keran 1/4 sebagai main body, yang nantinya keran angin inilah yang bakal menjadi chassis atau pegangan semuanya, tapi sebelum diujung keran ini disambungkan 3 nipple (red: nepel), kalo diartiin sebenarnya tar ga nyambung sama artikel ini, jadi nipple disini maksudnya yang dibawah ini, bukan yang laen :D  





Nipple di tandai dengan spidol untuk mengukur dan menentukan area yang harus dibuang dengan bor.

Proses pengeboran


Dirapihkan dengan kikir bulat, kedua sisi nipple ini tidak sama diameter bulatnya, jadi diperlukan kehati-hatian agar hasilnya sesuai keinginan, and jangan segan untuk sering-sering ngecek ukurannya.

Hasil penghalusan dengan kikir bulat





Bagian keran angin disopak sebagian menggunakan gerinda agar didapatkan area yang datar disatu sisinya.

Hasil sopakan dengan mesin gerinda
  
Hasil sopakan dengan mesin gerinda

Hasil gerinda, didapatkan area datar sempurna, selanjutnya cek area lubang apa sudah pas atau belum.




Digambar diatas terlihat jelas lubang yang dibuat pas sempurna (sambung manis), bersambung ke nipple selanjutnya.
 
Sambung manis antara ke 2 buah nipple
Sambung manis sempurna

Sambung manis nipple terakhir
 



Setelah semua sambung manis berhasil sempurna, selanjutnya adalah pengeleman, lem yang digunakan adalah lem epoxy yang dapat merekatkan logam dengan kuat, tahan panas dan tahan malu.

sambung manis + lem
 

Terlihat masing-masing nipple tidak saling menggangu saluran dalam yang dapat mengakibatkan menghambat lintasan angin/gas, berkat sambung manis yang sempurna.

Add caption
 

Kayanya lem epoxy merusak keindahan yang seharusnya ditampilkan sambung manis tadi, jadi NO SEXY, walaupun lem ini kuat untuk menahan tekanan gas sebesar 100 bar, haha ... baru yakin aja blom ada uji lapangan, tapi sebetulnya ada 3 pilihan untuk tehnik penyambungan nipple ini, pertama dengan menggunakan lem epoxy, kedua menggunakan teknik patri (menggunakan timah), ketiga dilas, pilihan ketiga ini jelas kurang baik karena panas dari lasan bisa melelehkan nipple dan merusak project ini, dari hasil ini terlihat pilihan terbaik adalah teknik patri, selain nilai estetika yang jauh lebih baik juga akan dihasilkan kekuatan yang lebih powefull karena berbalut timah (sama-sama logam).

Patri VS Epoxy
Memang mematri itu membutuhkan alat-alat bantu yang berbeda, selain itu dibutuhkan keahlian mematri, dan juga cairan kimia tertentu, difoto diatas bagian kanannya adalah lem epoxy, dan dibagian kiri adalah 1 tabung gas propan beserta obornya, cairan air keras untuk mematri (dalam botol), kawat timah patri (yang panjang berwarna perak).

Haha ... dijaman edan ini ternyata bukan hanya tabung gas 3kg keatas yang diisi angin kentut, ternyata tabung gas kecil seperti difoto diatas juga isinya kentut semua (angin palsu), hal ini cukup mengganggu proses kerja, karena keluaran api menjadi tidak konstan, gas propan ini dipadatkan hingga menjadi cair, agar didapatkan nilai massa yang tertera dikemasan kaleng, maka kekurangan gas propan dalam tabung digantikan oleh angin palsu (angin kentut), cara untuk mengoplos gas ini sangat mudah sekali jadi bisa dilakukan secara rumahan, yang penting tau ilmunya untuk meminimalisir dampak buruknya (meledak). 

Hal ini mudah dilakukan mengingat sifat gas propan dan gas (angin) yang memiliki karakteristik yang berbeda, jadi memang seharusnya kita tidak lagi menggunakan/membeli barang-barang seperti ini lagi, karena dengan mengkonsumsinya secara terus menerus berarti mendukung kegiatan penipuan ini terus berlanjut, dengan begitu artinya kita mendukung program mereka, sebetulnya membuat gas-gas seperti ini sangat tidak sulit, bisa dilakukan secara rumahan dan NOL biaya!!!


Nipple 4 lobang ini difungsikan untuk pendistribusian gas bertekanan sedang ketabung, difoto diatas sambungan nipple 4 lubang buatan ini digunakan tepat dibagian bawah tabung kaleng yang berwarna putih.

Pertanyaannya untuk apa itu semua?

... masih bersambung ... Semoga bermanfaat.

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment