Social Icons

Pages

Friday, September 5, 2014

BIKIN magnetic stirrer part 1


Magnetic Stirrer
Proses pembuatan senyawa baru memang dibutuhkan alat khusus untuk membantu proses pembuatan menjadi mudah dan otomatis, salah satunya mesin magnetic stirrer.


Emang ini masih trial jadi blom final, prinsip kerjanya pake kekuatan medan magnet, alat stirrer yang ada dipasaran yang standar lab kimia biasanya selain untuk mengaduk larutan juga dilengkapi dengan pemanas, jadi bisa mengaduk sekaligus berfungsi sebagai pemanas, haha .... kenapa ngga bikin sendiri aja, toh gampang banget bikinnya, iseng-iseng karna lagi dijalan maen ke toko kimia cari stir bar nya, …. ga nemu malah direkomendasi ke toko sakura, …. ok berangkat ke sakura, beli langsung 2, ukuran kecil sama besar panjang 2 & 3cm, ….. ga lama orat- oret pegawe cantik pelayan toko sakura ngasih bonnya supaya dibayar dulu dikasir baru bisa bawa pulang barangnya, ga langsung ke kasir biasa cuci mata dulu sapatau ada barang ok, … and pas mau kekasir ta' liat dulu isi bonnya ….. OMG ternyata harganya 75.000 coy, ….. mental miskin gw langsung di recall, mayday …. mayday ….. mission abort!!!, wkwkwk....

Seriously gw ga iklas bayarnya, …. WTF !!! … 75.000 sekedar untuk stir bar? Itu isinya magnet gw punya banyak di rumah, emang jadi mudah sih kalo beli, wah tau gini gw pasang tiker jualan depan toko sakura, wkwkwk ....

Stir bar
Sela beberapa hari baru agak santai bikin dah di rumah, modalnya cuman ;

  1. 2 magnet neodymium silinder buatstir bar , magnet ini harus dikasih lapisan insulator supaya ga terkontaminasi atau mengkontaminasi larutan yang nantinya diaduk, mo pake resin keren rapih tapi blom tentu kuat dilarutan asam kuat, so dipilihlah sedotan plastik, lo bisa pake pipet plastik atau yang laen, bahan plastiknya cukup kuat untuk digunakan sebagai lapisan insulator (bungkus magnet).
  2. 2 magnet neodymium bekas mini hardisk (bekas hardisk eksternal), dipasang dimesin stirrer untuk memutar stir bar yang dibungkus sedotan tadi.
  3. Kipas pendingin bekas komputer ukuran kecil, besar juga gapapa, perhatikan kebutuhan catu dayanya, penting untuk menentukan sistem power supplaynya, soalnya nantinya bakalan dibuat kontroler pengatur kecepatan.
  4. Beberapa kayu buat ganjel….. ga susah nyari soalnya lagi dibengkel.
  5. Power supplay 12V 1A …. stock lama.
  6. Plat stainless steel buat tatakan sementara (bekas project lama).
  7. Gelas Beker buat nguji larutan.
Total pengeluaran Rp. 0.- totally free of chart, bonusnya anak-anak jadi pada praktek, haha...

This is it …. ga pake lama ga pake susah, alat stirrer ini berarti sukses, selanjutnya tinggal bikin rangkaian buat pengatur kecepatan putar, sekaligus bikin rangkaian pemanas plus pengatur suhu, supaya mesin stirrer sekalian bisa berfungsi sebagai pemanas & pengaduk, tring~~ otak langsung bikin visual bentuk skemanya, kayanya semua komponen ada semua dikotak komponen ga ada yang perlu dibeli juga, tapi karna ga mungkin dikerjain sekarang jadi dibiarin bugil ga berbentuk dulu dah stirrernya moga-moga ga masuk angin, haha...



Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment