Social Icons

Pages

Monday, December 2, 2013

Surga para KREATOR dan INSPIRATOR part-3


Senin 2 desember 2013, jam 9.30 pagi berangkat olah raga sambil mampir ke pinggiran sorga lagi, haha...biasa tempat loak....dapet apa ya....?

Kapasitor Guedeee
Hari ini punya track baru, jalanan sepi kurang kendaraan, so bisa konsen boseh sepeda dengan kecepatan konstan, target tujuan langsung ke Jalan Progo (tempat loak), berangkaatt.....!!!


Start awal
Sampe di Jalan Progo ko boro-boro ngos-ngosan cape pun TIDAK, lha olah raga macem apaan kalo gini, haha....langsung banting stir lewatin Jalan Progo, berusaha olah raga ampe keringetan and ngos-ngosan, soalnya belom keluar keringet ni, lupakan progo, nomer satu olah raga dulu...

Iya tapi kemana???

Track Lanjutan
Ga banyak mikir pokonya boseh terus ngikutin jalan, total PP jadi 10,4KM star dari Jalan Progo, karena ngeliat jam menunjukan dah cukup siang, kepaksa balik lagi menuju Jalan Progo, target selanjutnya cari barang loak, nyampe di progo lumayan keluar keringet dikit, cari warung and warming down, kaki ga bae kalo didudukin langsung, entar ketombean, hahaha.... minum temulawak sambil liat jam....and ternyata baru jam 10.14, berarti blom tembus 1 jam???

Jhiah...kudu cari track baru ni kayanya, keluar kota baru kerasa kali ya, hahaha....anak-anak sepeda disini maenannya ke demak, luar kota semua, tapi ga asik jalannya santai semua, mau duluan ga enak...so mendingan solo karier aja coy, hahaha...

Sampe di Progo muterin taman dulu, dapet dah ginian...

Lampu Neon untuk Mobil (mati)
Hmm...mo dibikin apa ni barang? ......Exactly to make a strong LASER project, harganya Rp.3000.-, haha... but ati-ati coy lampu ginian mengandung mercury, ketika dipecahin mercurynya ga akan keliatan karena da nguap and nyatu sama phosphor (yang warna putih ditabung), mercury bisa meresap melalui pori-pori kulit, atau terhirup karena bercampur dengan bubuk phosphor atau menguap, mercury ini bisa merusak jaringan syaraf dengan sangat cepat, meskipun eksperimen menggunakan Hg atau mercury ini sangat mengasikan, karena mercury adalah logam cair, fungsi mercury pada lampu florescent untuk meningkatkan kecerahan cahaya lampu, biasanya lampu florescent yang menggunakan gas helium, argon menggunakan mercury untuk memberi tambahan brightness, tapi begitu pula dengan neon gas, so be careful, haha...mereka adalah gas-gas mulia.

Contactor dan MCB (master circuit breaker)

Contactor dan MCB (master circuit breaker)
A huge of Contactor and MCB, haha....bisa dibikin apa yang kaya begini? 

Alat-alat kaya begini bisa dipake untuk bikin panel tegangan tinggi atau arus kuat, MCB digunakan untuk membatasi arus beban, contactor digunakan sebagai saklar tegangan tinggi, fungsi kerjanya persis seperti relay, untuk tegangan tinggi atau arus tinggi (beban besar) harus menggunakan saklar seperti ini, tanpa contactor usaha meng-ON dan meng-OFF kan beban ber arus besar akan menghasilkan percikan api.

Horeee....asik dong kaya taun baru? Bisa bikin kembang api pake alat ini...

Hahaha....beli kembang apa aja lebih baik, lama-lama saklar akan dipenuhi karbon hasil dari percikan api setiap usaha meng-ON dan meng-OFF kan beban, akibatnya kinerja beban jadi terganggu dan mengurangi usia pakai, cepet pikun tar, hahaha....karbon adalah salah satu bahan untuk membuat resistor (hambatan), kalo tumpukan karbon banyak sama aja tu beban kerja dikasih resistor, artinya kinerja beban akan berkurang, misal bor listrik besar akan menghasilkan panas berlebih.

Tapi gw ga tertarik sama ginian, panel instrumen dari ginian kurang terlihat hitech ah, haha...songong lo, ...gw lebih tertarik menggunakan SCR, prinsip kerjanya kaya transistor (saklar elektrik), saklarnya ga keliatan tau-tau ON-OFF sendiri karena dikendalikan oleh rangkaian digital, jadi lo bisa nyalain mesin-mesin berarus tinggi dengan siulan ato tepokan tangan misal, hahaha...tapi saklar itu ga keliatan, tapi SCR harganya ga murah dan hampir ga mungkin nemu loakannya, haha...

Kapasitor 40 Farad 50VDC

Kapasitor 3.3 Farad 250VDC
 
Kapasitor 4.7 Farad 250VDC

Kapasitor 2.9 Farad 200VDC

Kapasitor 7.3 Farad 150VDC
Ini dia yang dicari, tapi sayang ga ada yang 350V, ....buat apa kapasitor segede-gede gaban ini?

Wah...ga bisa cerita dah, yang jelas ini penting banget and mostly DANGER!!! So jangan pernah maenin ginian kalo ga didampingi sama orang-orang yang ngerti, cakep dan wangi, hahaha.... kapasitor segede gini bisa bikin paku jadi cair, buah semangka meledak berkeping-keping dalam sekejap mata sebelum sempet bilang ...WOW (karena semangka mengandung banyak air), and bisa bikin lo shock and almarhum, NO JOKE!!!

Pasalnya kapasitor itu menyimpan energi listrik, dengan ukuran diatas 1 Farad lo bisa itung berapa joule energi yang bisa dihasilkan, bedanya dengan kapasitor microwave adalah kapasitor microwave tegangan besar faradnya kecil.

Kapasitor microwave perbandingan ukuran

Kapasitor microwave 1.10uF 2.1KVAC (2100VAC)
Kapasitor ini secara built in mempunyai resistor internal sebesar 10M ohm, jadi ketika kapasitor dalam kondisi penuh kapasitor akan didischarge oleh resistor internalnya, so energi yang disimpan akan dishort/dibuang/dinolkan/dinetralkan, jadi aman untuk dipagang, meskipun ga netral seketika butuh waktu, bedanya kapasitor yang diatas nilai faradnya besar sementara tegangannya kecil dan tidak memiliki resistor internal, so kapasitor ini akan bersifat persis seperti BATRE BESAR, bedanya dengan batre, batre juga memiliki hambatan internal yang memang sudah built in didalamnya, untuk menghambat arus keluaran, tanpa hambatan ini energi dibatre akan cepat habis, itulah kenapa batre jika digunakan beban besar menjadi panas, karena dia dalam kondisi marah-marah, haha....so jangan buat dia marah-marah, pokoe jangan maenin kapasitor segede ini kalo ga ngerti!

Kapasitor ini murah start dari Rp.10.000 ~ 20.000.-, kapasitor ini bersifat seperti batre jadi pas megang-megang jangan pegang langsung elektrodanya, pegang bodynya and shortkan ke benda bersifat metal, memang biasanya ditempat-tempat ginian kapasitornya kosong ga nyimpen arus, tapi waspada harus!

Begini ni fisikanya, mengukur energi kapasitor :

E = 0,5 x C x V^2

E = energi yang tersimpan dalam kapasitor (Joule)
C = nilai kapasitor (Farad)
V = nilai tegangan kapasitor (Volt)

Kita ukur energi yang tersimpan misal pada kapasitor 560uF 200V, keliatannya kecil ya tapi kita hitung energinya dan apa dampak yang bisa dihasilkan dari energi kapasitor sekecil ini?

E = 0.5 x 560 x 10^-6 x 200^2
11,2 joule (energi sebesar ini cukup untuk melumerkan paku 1/2 inchi)

Kapasitor ini 560uF (micro farad) 200V, bandingkan dengan kapasitor diatas 40F 50V, farad coy bukan micro farad, 40F artinya 40.000 micro farad!!! Itung berapa besar energi yang bisa dihasilkannya, and lo bayangin dampak mengila dari kapasitor ini? Lo bisa mental jauh kaya ditendang sama Man of Steel, and lo berangkat pindah alam!

 NO LEBAY AND NO JOKE!!!

Itulah kenapa kapasitor ini banyak fungsinya kalo kita tau cara memanfaatkannya, karena kapasitor ini bisa menjembatani otak nakal lo dalam menciptakan sesuatu yang pasti positip juga manfaat, bukan untuk jail, karena ga akan lucu.

Abis ngobrol-ngobrol, haha...ga nyangka da banyak temen disana, karna barang yang dicari ga ada, langsung pulang tapi apa salahnya mampir ke Jalan Kokrosono tempat loak deket rumah, nemu ginian dah...

Kompa elektrik untuk mobil
Kompa elektrik? Haha...WTF....what for ginian? Haha...ko pake nanya ya untuk mompa, harganya cuman Rp.15.000.- (250 psi - 18 bar) power 12V jack input kecolokan roko dimobil (power bisa pake PSU), kesan pertama pas liat....TOP....alat ini ga rusak cuman trondol aja bagian pistonnya, semua masih lengkap dan ga ada cacat, hanya ususnya berantakan, hahaha..... so gampang banget dibenerin, bisa dimodifikasi jadi vacuum pump (pompa vakum), bisa dibikin apa? 

Reaktor fusi, LASER project, PLASMA project, ngompa ban mobil, buka tambal ban, tambah angin keliling, apalagi banyak banget, tapi yang jelas emang lagi nyari ginian, dalemannya dibagian mekanik pake chasis coran besi bukan plastik, so apanya yang ga OK untuk Rp.15.000.- ?

Modul relay wireless
Entah bekas apa rangkaian ini, yang jelas pas ngeliat banyak banget komponen yang kepake malah modul ini kepake semua ga perlu diterondolin, 5 buah relay 16V 20A driver ULN2003, microcontroller SMD ATtiny 26L-3SU sebagai otak modul and bisa dihacking programnya, rangkaian wireless penerima 433Mhz lengkap dengan dekodernya, haha....harga Rp.4000.

Ga pake nawar gw ambil semua ada 4, masing-masing beda komponen ada PIC 16F630 sebagai otak, dengan relay yang lebih besar, juga bisa dihacking programnya, dengan rangkaian wireless sama pake 433Mhz plus rangkaian dekoder, so cocok dipadankan dengan modul yang gw punya, selengkapnya bisa dibaca diartikel Bikin Wireless murah meriah, RF Transmitter dengan Arduino,

Modul Arduino NANO + ProMini + TX RX 433Mhz + LCD 16x2
Komunikasi SMS antara PC & receiver via LCD 16x2

Ga lupa sampe dirumah langsung direndem diaer detergen plus kembang 17 rupa, tampilah dia dengan anggun dan wangi, nampak seperti baru lagi, and setelah dicek barang ini ga ada masalah, so tinggal pake, buat apa?....

Blom kepikiran buat apa, yang jelas ini modul saklar wireless berbasis relay dengan pita frekuensi 433Mhz (lengkap dengan IC dekoder) and jelas ini modul OK.

Modul TX RX 433Mhz with encoder & decoder Rp.65.000.-
Sebelum masuk kekawasan loak Kokrosono, liat rumah makan padang, padahal baru pulang olah raga, tapi liat padang rasanya tereak manggil, hahaha....so mampir ke padang untuk madang dulu, padahal dulu bosen ama yang namanya masakan padang secara makan padang tiap hari, tapi lain dengan hari ini kangen dengan rendang, daun singkong dan sambel ijo, hahaha....alhamdulillah abis bayar Rp.10.000.- perut ngajakin rebahan, menurut analisa diotak karena santan dan sambal ijo, hahaha....sementara kawasan loak is on the way.

Abis bersih-bersih and benerin barang yang udah dibeli perut ngajakin makan lagi, dah kelaperan lagi, hahaha...

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment