Social Icons

Pages

Sunday, November 24, 2013

Surga para KREATOR dan INSPIRATOR part-2

Suntuk ga ada misteri yang ganggu akal, ga ada kepenasaran yang bikin gairah berfikir, dari pada nunggu mood ancur, mendingan jalan-jalan ke surga, hahaha....kemana tuh bang? Ke pasar LOAK, hahaha....

Jalan Kokrosono Semarang Jawa tengah
Iya bener jaraknya emang ga begitu jauh dari tempat saya tinggal cuman 1,9km, haha...ga lupa bawa rupiah, buat beli georengan disana, plus play Jimmy Hendrix plus another blues diheadset, saya berangkat pake sepedah sore itu sabtu 23 nov 2013, setiap datang ketempat loak serasa semua orang disana adalah saudara, saya melihat begitu banyak perbedaan disana tanpa pernah tertarik untuk membeda-bedakannya, semuanya indah, ...ya...ya...ya...semua begitu indah untuk disaksikan.
Jam 3 sore pastinya puanas banget, sampe disana cari tongkrongan sambil makan gorengan and krupuk juga ngobrol-ngobrol sok akrab dengan orang-orang sekitar, begitu banyak pemandangan disana, begitu banyak perbedaan disana, tapi saya sulit mempermasalahkan tentang salah dan benar, pantas tidak pantas dari setiap pemandangan yang saya lihat, karena yang saya lihat ini pemandangan kehidupan kumpulan manusia yang sedang mempertahankan HIDUP! dan mereka adalah saudara-saudara saya, entah kenapa ikatan batin ini selalu muncul.

Tidak sedikit seorang individu yang teriak lelah, perasaan itu muncul secara rohani untuk memberitahukan kepada individu tersebut bahwa ada masalah yang harus sesegera mungkin diselesaikan, jika justru teriakan lelah tersebut muncul karena tidak ada solusi, artinya hal ini menerangkan bahwa anda berada ditempat, waktu dan orang-orang yang salah, itulah kenapa jalan-jalan ketempat loak bagaikan perjalanan ditepi surga, saya tidak ada kepentingan untuk mengurusi urusan mereka, karena boleh jadi merekalah yang lebih baik dari saya dimata Tuhan, urusan saya adalah membuat pilihan hidup yang tepat lalu melangkah! Pasang mata hunting sampah-sampah berguna....

Harvest anything that smells of COPPER
Lagi pada bongkarin tembaga dari trafo dan motor bekas, padahal trafo dan motor bekasnya ga rusak, blom mekanik-mekanik, roler, gear, wah...kalo dibeli per item justru jatohnya mahal, so cuekin aja....

Yang saya plototin adalah barang-barang yang bertumpuk seperti tidak berharga, diotak ini barang-barang itu bisa mengantarkan otak dan akal saya menembus ruang dan waktu, hahaha....oportunis banget, hahaha...sambil berfikir bagaimana caranya saya bisa seperti mereka, bisa menampung barang-barang seperti ini (bongkaran mesin, dll).

Saya lahir dibandung dan memang orang bandung tulen, sekarang sedang disemarang, dibandung ada juga lokasi-lokasi tempat loak seperti ini seperti dijalan astana anyar dan jatayu, tempat-tempat itulah yang sering saya datangi, tapi yang bikin saya tertarik disini barang-barang ini lebih murah, hahaha...itungan itu perlu coy, hahaha...

Habis gorengan tempe 2 + kerupuk 1 Rp.2000 and ngobrol-ngobrol saya memutuskan untuk pergi, mereka asik-asik ga ada satupun yang seperti calo dengan pertanyaan seperti "cari apa mas, saya cariin", ga ada satupun, berarti aura saya udah ngeblend sama mereka, mereka ga tau kalau saya mantan model, wkwkwkwk.....

Jalan Progo Semarang Jawa tengah
Ini tempat loak juga lumayan agak jauh dari tempat saya 5,1km menurut GPS, tapi lebih komplit dan ok barangnya, dengan sepeda saya teruskan menuju jalan progo. Bisa tau progo tempat loak dikasih tau temen yang jualan kelapa muda, dia punya anak perawan yang sekarang bisa kuliah di universitas semarang fakultas matematika, padahal cuman modal dagang kelapa muda itu juga baru berjalan 4 bulan, karena sebelumnya usaha tambal ban, hahaha...SUPER SEKALI!!!

Jalan Progo lokasi pasar loak disekitar taman
Ternyata disini banyak orang sunda kebanyakan dari tasix, hahaha...sama seperti dibelahan bumi yang lain, manusia-manusia disinipun sedang berjuang memperjuangkan hidup, sambil ngobrol-ngobrol ketemu ketan ulen ditemani segelas teh hangat dan kerupuk kulit ikan kakap, wah habis ketan ulen 3 perut kenyang total Rp.5000, saatnya berangkat untuk hunting sebenarnya, berangkaaaattt....barang-barang bagusnya bukan berada disekitar taman.

Motor Gearbox

Motor DC 24V

Motor Gearbox

Motor Servo
Sebetulnya memang ada yang saya cari, tapi ga nahan liat-liat motor, lirik ke sebelah kiri liat motor servo, wkwkwk....motor servo ini mahal dan sulit dapetin loakannya, sayangnya motor servonya hanya 1, saya butuh 3 untuk bikin mesin CNC jadi ga dibeli, lupa nyeting kamera ISO nya kegedean jadi tulisan dibadan motor ga kliatan, untuk CNC motor servo jauh lebih baik dari pada motor stepper, selengkapnya bisa dibaca diartikel Bikin CNC LASER/PLASMA sendiri (first test).

Hunting hari ini di Jalan Progo dapat ginian...

Motor Gearbox
4 Motor Stepper 2SHG043A46S
DYNASYN 2SHG-043A46S motor stepper
Sekarang itu jaman digital udah canggih, so manfaatkan gadget dan koneksi internet saat ditempat loak, ga ada yang perlu terburu-buru, itulah kenapa ditempat loak itu otak bekerja maksimal mulai dari melihat jauh kedepan tentang barang yang kita lihat, otak kita melihat bisa jadi apa barang tersebut, kalkulasi alternatip lain karena jangan sampai barang ini dibeli dan tidak manfaat, kalkulasi spesifikasi dan harga, itu penting. Mangkannya sembari liat-liat, pegang-pegang, browsing datasheet dan harga barang diinternet, untuk kalkulasi dan estimasi, abis itu pasang muka biasa aja, jangan terlalu berlebihan kalo dikasih harga murah gila, hahaha...keep cool coy!!!

Pastinya dari 5 item barang ini ga akan percaya berapa rupiah yang harus saya bayar, yang jelas cheaper dude!!! Abis itu pulang dan bongkar (kalo perlu) yang jelas dibersihin, oh iya...trafo dan motor bekas sangat-sangat jarang sekali rusak, kecuali misal encodernya, jadi hati-hati kalo ada motor servo murah, bisa jadi encodernya dah almarhum, dan memang barang-barang ini bukan sampah tapi hasil dari bongkaran mesin.

Tips hunting ke tempat loak jangan kebawa emosi, santai aja anggap window shopping, kalo ada mangsa sikat jangan plin-plan karena boleh jadi kesempatan tidak datang 2x, yang paling penting RESPECT sama barang and penjual, juga oppotunity, jangan ladenin penjual yang ga respect itu artinya mereka ga ngarti barang tapi ngarep rupiah tinggi, jangan takut nawar, kalo lo bisa respect lo ngarti gimana aplikasinya, terakhir bertemanlah dengan mereka kalo perlu bangun kerjasama, tukeran nomer HP, tanya warna kesukaan, makanan kesukaan, hahaha....tapi yang jelas ga ada perasaan ngarep apa-apa, so you have to be respect, mereka hanya penjual barang bekas bukan engineering, so jangan persulit dengan hal yang ga perlu, ga sedikit pedagang nakal pasang harga tinggi karena tau lo butuh banget tu barang, haha...terus terang saya da ga pernah ketemu yang begituan, rata-rata semua baik, semua karena pengalaman.

Proses bongkar dan bersih-bersih
Semua barang-barang sempurna ketika dites, saatnya bersih-bersih kembalikan barang-barang ini seperti baru lagi, hahaha....sekarang saatnya mengetes performanya.


Tes...tes....tes...video

Rencananya 4 motor stepper ini akan dibuat mesin CNC LASER berukuran A3, sekaligus bisa difungsikan menjadi 3D printer jika diperlukan, karena ada 4 motor setipe berarti bisa dijadikan CNC 4 axis, seperti 3D printer.

Bulan lalu perjalanan hunting di Jalan Kokrosono saya dapet ginian...

Motor Gearbox 1:200 25kg/cm
Motor gearbox 1:200 25kg/cm coy....so ini cocok banget buat project ".........." saya, motor gearbox itu buanyak macemnya AC ato DC, tapi yang ini torsinya ga usah diragukan lagi, dan watt nya kecil, bentuknya vertikal, harganya murah banget, cocok dah, "mas bongkussss"....

 Yang ini dapet minggu-minggu lalu di Jalan Progo...

3 Stepper motor KH56QM2B201
Pilih-pilih, pegang-pegang, sambil estimasi diotak, baru tanya "yang ini berapa mas?".........."#&*$#%!"...kaget denger harganya, jauh lebih murah dari estimasi yang saya buat, hahaha....alhamdulillah, but keep cool dude! "saya ambil semua mas"...karena kebetulan ada 3 unit, cocok buat rencana saya bikin CNC PLASMA berukuran besar, berarti next episodenya adalah membuat PLASMA dan LASER berkekuatan besar, tambah semangat karena dukungan motor-motor ini, haha....kalo suka bikin robot tempat loak sangat cocok untuk urusan mekanik, motor dan gearbox yang ramah kantong tapi hasil maksimal.

Tes KH56QM2B201 video

Cara kerja motor stepper tidak sama dengan motor DC biasa, maka dari itu motor stepper bipolar memiliki 4 kabel input motor ini tidak lantas berputar karena diberi tegangan (+) dan (-), selengkapnya silahkan membaca artikel Cara mengoperasikan Motor Stepper Bipolar.

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.


No comments: