Social Icons

Pages

Wednesday, November 13, 2013

Tempat LOAK adalah surga bagi para KREATOR dan INSPIRATOR

Tempat loak adalah tempat persinggahan paling menyenangkan sekaligus tempat pelesiran yang paling membahagiakan, hahaha... setiap ke tempat loak cara kerja otak akan berbeda dengan ketika main ke mall, waktu di mall yang dimunculkan adalah kreativitas untuk menjadi konsumerisme, bedanya sewaktu ditempat loak, yang kepancing adalah kreativitas dari otak kanan da otak kiri untuk menterjemahkan nilai abstrak setiap data penglihatan dari mata untuk diolah secara cepat, tepat dan genius, namanya tempat loak adalah tempat barang bekas bahkan bisa dibilang sampah, karena pecahan lampu aja bisa ada disitu untuk dijual, hahaha...., but there is something beneficial if we could read the change and opportunity, haha...what do you think?


PSU bekas

Komponen bekas (piezo)

Peralatan rusak (bluetooth mouse)

Alat-alat rusak (Load cell)

Logam dalam persen tertentu

Mekanik, komponen, lensa, per, dll

Bluetooth (receiver)

Komponen, mekanik, bluetooth tranceiver, dll

Motor DC printer bekas

Rangkaian, komponen, casing, dll

Backlight bekas timbangan dengan sedikit modifikasi

Lensa bekas DVD dan laser pointer

Motor dan mekanik bekas CD ROM

Flayback TV (dibongkar!!!)

Lensa, reflektor, refraktor

Prisma double

Sensor cahaya lengkap dengan resistor pull up

Atom, senyawa, zat tertentu (DANGER if you don't know!!!)

BIG ONE- High voltage Capacitor 1200VAC (bekas microwave)

2x High voltage Capacitor 1200VAC

Komponen-komponen langka dipasaran

Motor gearbox DC

Buku bekas

Buku bekas
Foto-foto ini ga semuanya didapet dari pasar loak, ini hanya contoh saja, dirumah masih ada segunung rongsokan diatas meja sablon berukuran 2x7 meter, hahaha.... kebanyakan saya dapatkan pemberian, untuk komponen dan sensor justru sangat menguntungkan karena dipasaran justru tidak akan pernah ada jualannya even padanannya, trust me!!!

Memang diperlukan datasheet dari komponen-komponen tersebut, tapi dengan sedikit mikir dan uji coba seringnya kita tidak perlu datasheet, malah dapet duren jatuh, karena sangat mungkin sekali semuanya dimodifikasi.

Dan yang paling menyenangkan adalah KIMIA, harvest from junk, that's why damn much I'd love junk!!!....bicara tentang elektronika artinya berbicara tentang kimia, semua komponen adalah berbahan kimia, hal ini sangat berbahaya bila tidak memahaminya, sebagai contoh kandungan mercury, jadi siapkan sarung tangan, masker udara dengan filter, dan google untuk kimia berbahaya, andai saja anda mengetahui maka anda akan diuntungkan untuk tidak perlu pergi ke toko kimia dan membuat reaksi untuk menghasilkan senyawa tertentu, dan belum tentu juga toko kimia menyediakan semua yang anda butuhkan.

Mekanik adalah barang paling berharga untuk mendongkrak kreativitas anda, begitu banyak alat-alat dipasaran yang harga jualnya sangat fantastis, meskipun anda bisa membuatnya, anda akan kewalahan dan rugi karena harus memiliki budget ekstra besar untuk membeli komponen, mekanik dan ongkos pengerjaan, misal las, bubut, dll. Dengan sedikit kreativitas saja anda sangat dimungkinkan membuat alat-alat mahal dengan budget VERY LOW BUDGET! if you know how it's work.

Semakin sering anda maen ke tempat loak, maka percaya diri anda akan bertambah, dan itu menguntungkan bagi anda saat proses menawar, hahaha.... hati-hati di tempat loak semua tidak ada kepastian, baik dari harga barang juga kondisi barang semua transaksi hanya berdasarkan KESEPAKATAN! Tapi karena sering kita bisa mengetahui RANGE atau kisaran pantas untuk barang yang sedang kita tawar, tapi yang jelas anda tidak akan dibully oleh para pedagang karena daya pancar kepercayaan diri anda tidak akan mampu mereka mainkan apalagi bully, hmm...tidak jarang pedagang memainkan konsumen karena tau betul konsumen tersebut sangat membutuhkan dan menginginkan barang tersebut, alhasil anda tertipu dengan membayar barang sampah dengan harga tinggi.

Last but NOT least anda tidak akan menyadari kreativitas yang terus terasah, hal lain yang tidak akan anda sadari adalah anda akan memahami cara kerja sesuatu jauh lebih mendalam, dan hal tersebut merubah tatanan cara berfikir anda, dan itu adalah modal untuk otak melakukan abstrasi dan logika tingkat tinggi untuk mengolahnya kemudian menelurkannya dalam bentuk karya-karya nyata yang genius dan bermanfaat.

Tempat loak adalah surga bagi para kreator dan inspirator, segala puji bagi Allah.

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.

No comments: