Social Icons

Pages

Friday, June 26, 2015

Bikin Laser Cross line sendiri

Laser ... laser ... laser Light amplification by stimulating emission of radiation, laser ini teknologi yang canggih and seru banget, gw cukup lama mempelajari soal laser, sepintas bagaimana mungkin sebuah gelombang cahaya yang koheren bisa menghancurkan/memotong benda.

Lser Cross

Bicara soal laser bisa panjang and rumit buat sebagian orang, tapi sebetulnya yang paling fundamental apa itu cahaya? Sebetulnya menurut gw setiap benda bisa memancarkan cahaya, bukan sekedar hanya memantulkan, pertanyaan paling mendasar kenapa benda bisa memantulkan cahaya, apa memang betul cahaya itu dipantulkan atau?


Yang namanya laser itu cahayanya koheren alias seragam gelombangnya, berbeda dengan lampu pijar (berbahan wolfram), cahaya yang dihasilkan tidak seterang dan sekuat cahaya laser/LED, karena lampu pijar memancarkan beragam jenis gelombang cahaya termasuk cahaya-cahaya tidak tampak, itulah kenapa lampu pijar tidak efisien karena terlalu banyak melakukan hal yang tidak diperlukan sebetulnya (penerangan).

Selain itu lampu pijar memiliki peran dikasus yang berbeda mengingat lampu pijar memancarkan  beragam gelombang cahaya, kenapa laser memiliki cahaya koheren? Ini bisa panjang bisa pendek penjelasannya, pendeknya karena eksitasi awan elektron dikulit tertentu.

Sebetulnya belajar itu harusnya meneliti sekaligus mengumpulkan informasi dari masa lalu, dengan begitu kita akan mampu berkembang, jika kita belajar meneliti sekaligus mengumpulkan informasi dari masa depan sudah dipastikan kita akan sulit berkembang.

Kita lihat beberapa kasus yang menurut gw sangat mencurigakan, contoh jaman dimana ditemukan soal x-ray (sinar x)! Tau Nicola Tesla? konon katanya x-ray ditemukan dijaman-jaman itu, ada seorang ilmuan gw lupa namanya eksperimen dan terpukau karena setelah tangannya disinari oleh cahaya (yang sekarang disebut x-ray) beliau bisa melihat bayangan tangannya terlihat tembus pandang seperti citra foto Rontgen (baca: ronsen), saking asiknya cukup lama tengannya terpapar sinar tersebut sampai akhirnya melepuh dan terbakar, gw bisa bayangin exited-nya  sampe dia coba berulang-ulang bahkan beliau mencoba untuk melihat bayangan dari tubuhnya, ilmuan tersebut belum mengetahui sinar apa itu dan apa bahayanya.

Selain melepun dan terbakar karena terlalu lama terpapar sinar, sang ilmuan mulai sakit-sakitan dan setelah 8 tahun beliau meninggal karena kangker. Sementara ilmuan Thomas A Edison dan Tesla tidak dikabarkan meninggal karena sinar tersebut, artinya mereka berdua menyadari keberadaan sinar tersebut sekaligus memahami betul dampak buruknya bagi tubuh.

Pertanyaannya bagaimana mungkin mereka mengetahuinya? Sementara ilmuan lain tidak mengetahuinya dan melakukan kecerobohan yang berdampak kematian? Sementara pada jaman itu teknologi belum begitu canggih, karena sinar-x tidak tampak (tidak bisa dilihat mata dan alat). Tapi dibeberapa sumber mengatakan pada jaman itu Tesla dan Edison adalah 2 rival yang bersejarah, namun Tesla sering mengkampanyekan bahaya x-ray, bagaimana dia bisa memahami itu?

Kita sudah tau Tesla terkenal dengan "Tesla Coil" nya, beliau sangat sering berdampingan dekat dengan alat-alat bertegangan tinggi yang bisa mengeluarkan "Corona" seperti petir. Bicara soal tegangan tinggi misal kita membuat Tesla Coil dengan tegangan sangat tinggi artinya kita sedang membuat sinar-x! ..... Ya memang membuat sinar-x  itu sangat mudah sekali bahkan alat-alat dan komponennya bisa kita dapatkan dari sampah elektronik jika kita memahaminya.

Kita mengetahui Tesla termasuk kutu buku dan sangat senang meneliti seperti memandangi petir diwaktu hujan di desanya, sebetulnya teknologi Tesla itu mirip sekali dengan teknologi Piramida, sampai sekarang kita hanya menyadari bahwa Piramida itu adalah kuburan, padahal diluar sana jauh lebih mendalam bahasan dan penelitiannya, melalui penelitian mereka tentang piramida artinya bicara tentang campur tangan mahluk extra terestrial (mahluk luar bumi), meski begitu disebagian kalangan hal ini masih tetap menjadi perdebatan kosong.

Bagaimana mungkin Tesla bisa memahami mekanisme Piramida dan membuat sebuah alat dengan bentuk berbeda namun memiliki sistem yang serupa? ... how man, how? .... selama ini mestinya kita tepok jidat, kenapa yang famous adalah Edison, bahkan Edison masuk sampai kurikulum, kita tidak pernah mengenal Tesla difisika dan elektronika, padahal Tesla punya informasi yang berbeda, misal jika kita bicara soal gelombang, energi dan frekuensi. Kita dipaksa mengadopsi paham herztian, Maxwell, Edison, IUPAC untuk kimia, dsb!

Dan parahnya kita ga pernah mempersoalkan itu semua, karena sibuk membuat itu semua menjadi hapalan, karena tujuan kita adalah punya nilai tinggi saat ulangan dan ujian. Mangkannya gw ga jarang bertanya apa itu "Luas", kebanyakan orang menjawab dengan rumus yaitu PxL, setelah gw tanya apa itu luas mereka justru jadi kesinggung, apa itu PxL? Itu hapalan bukan pemahaman, semakin sini gw semakin bisa melihat pantas sulit lahirnya seorang ilmuan karena ada sistem yang seolah-olah memberikan ilmu tapi sebetulnya tidak membuat berkembang, jujur kita semua bisa melihat itu dilingkungan kita, contoh paling lucu ketika kita melihat listrik AC menggunakan metoda Trigonometri, are U sure about that?!

Jadi terbukti melihat kebelakang, belajar, meneliti dan mengumpulkan imformasi dari masa lalu itu sangat penting, meskipun pastinya berupa pecahan puzzle yang sebagian adalah informasi palsu bahkan menyesatkan, semakin jelas kenapa sampai detik ini "Teori Darwin" dan "Darwinisme" masih digunakan bahkan itu muncu dari para ilmuan dan profesor, yang sering mengatakan bahwa nenek moyang kita dahulu kala bergelantungan dipo'on, wkwkwk....

Laser Pointer

Bicara soal sinar-x nya cukup dulu balik ke laser, laser macem gini memancarkan sinar bewarna merah cukup lumayan meskipun ga secerah dan sekuat laser hijau dan biru.

Laser Spesifikasi

Distiker tertera spesifikasi laser menghasilkan gelombang cahaya 630-680nM (nano meter) dengan kekuatan laser sebesar <1mW (miliwatt). Artinya dengan kekuatan sebesar ini laser tidak memiliki kekuatan untuk memotong atau membakar, membuat laser berbahan semikonduktor jauh lebih sulit mengingat bahan baku yang sulit diperoleh, tapi kita masih bisa membuatnya dengan mudah dengan bantuan gas, dengan cara mengeksitasinya, sebetulnya proses amplifikasi itu adalah proses akselerasi partikel gas yang kemudian ditahan hingga sekian persen dengan menggunakan cermin, setelah itu baru cahaya dilewatkan keluar, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu cahaya dan bagaimana mereka dipantulkan dan diproduksi, karena cahaya tertentu tidak akan bisa dipantulkan oleh cermin biasa, misal kita menahan sinar laser IR dengan cermin, maka cermin itu tidak akan mampu memantulkan sinar lasernya, melainkan dihantam tembus jika power laser dibuat lebih kuat.

Sadar ga kalo kita disekolah cuman diajarin sinar pantul dan sinar datang, coba tanya bagaimana sinar bisa dipantulkan cermin, malah pertanyaannya apa betul sinar itu dipantulkan? Seperti apa prosesnya? Kalo gw bertanya kenapa air dalam panci mendidih ketika dipanaskan diatas kompor? Pasti semua jawab karena panas api, haha .... gw ga bilang salah, tapi gw punya jawaban berbeda, karna ketika orang bilang karena api, gw balik tanya kenapa api bisa panas, panas itu apa? Kebanyakan semuanya mentok, paling top jidat mengkerut bola mata keatas dalam arti mengingat-ingat hapalan bukan berfikir... haha .... stop dulu dah gw mo bahas gimana cara bikin laser cross nya ne ... :D

Bahan-bahan

Pertama gw bikin cetakan dulu seperti biasa perfectionist berperan dominan dibagian ini, wkwkwk ... gw bikin setakan dari malam supaya laser pointer bisa dicor pake resin, bahan-bahan diatas kit berfungsi supaya resin tidak menempel pada cetakan, kaca buat memecah sinar laser menjadi garis.

Cetakan dan proses cor resin

Jhiah .... blom apa-apa gw malah iklan dapet royalti kagak ..... kudunya di blur dulu ne, wkwkwk ....

Cetakan ke 2

Setelah dicor resin laser jadi keren persis seperti dipoto tuh yang laser pointer 2 biji barengan, masalahnya pas dites ok .... eh ga lama lasernya drop, sinarnya jadi mendem coy ..... OMG! .... rapopo bikin lagi dah cetakan kedua .... and jreng...jreng .... hasilnya 4x gw gagal coy artinya 16 laser pointer rusak, ga ampe mampus sek tapi masih ada suaranya eh .... masih ada cahayanya tapi medem coy! .... haha .. namanya juga laser pointer abal-abal ... akhirnya yang kelima berhasil ga medem lagi dia.

Video Laser Cross Line jadi

Laser cros ini dibuat untuk keperluan mesin, jadi nantinya tanda cros alias tanda silang ato tanda + yang dihasilkan laser bisa jadi referensi untuk mengarahkan mesin jatuh tepat pada titik fokus cross, berharap mesin punya kecerdasan tambahan untuk bergerak, sementara kita ga perlu galau and curiga kalau mesin bergerak salah sasaran, karena kita bisa melihat apa betul mesin mengarah pada titik fokus cross, haha ... work well .... mission complete ... semoga dapat menginspirasi, happy freaky science :D

CU in another project, it's journal of journey, my journal my journey ....

NB: ta' ada kolek nasi padang pun why NOT ... selamat berbuka :D
Post a Comment