Social Icons

Pages

Tuesday, June 9, 2015

Bikin 3D Printer


Ini project lawas and blom selese, haha...kata google kalo mo dapet iklan bahasanya kudu EYD, ... EGP ah brow :D

Z axis
3D printer kebanyakan menggunakan metoda inject, menggunakan bahan PLA 'plylatic acid' awalnya yang gw tau, sekarang ada yang pake 'ABS' juga 'PVC', tapi sistem inject ini kurang nggigit menurut gw, pasalnya proses waktu yang terlalu lama.


Pertama-tama lo harus buat model 3D menggunakan software CAD, dari sana object 3D harus di pecah jadi tumpukan gambar 2D, setelah file object 3D mendapatkan 'g-code' nya baru bisa ditransfer ke printer, untuk dicetak perlayer 2D nya, semakin tipis resolusi atau ketebalan per layer nya ya semakin smooth hasil printnya, tapi resolusi tinggi menghasilkan proses waktu yang jauh semakin lama, and hasilnya ga bagus-bagus juga, kecuali lo buat object tabung, ato lurus keatas, object miring seperti limas, piramida, atau oval, sulit untuk dicetak halus seperti hasil plastict molding, untuk hasil maksimal hasil print-an harus di olah lagi.

Rancang bentuk
3D printer adalah mesin CNC yang difungsikan sebagai 3D printer, mesin ini menggunakan 4 axis yaitu axis X, Y, Z dan extruder yang bertanggung jawab melakukan proses inject bahan plastik.

Rancang axis mekanik
Kalo lo mau mudah, asal mau repot extra aja, mulai dari ngebangun sistem mekanik (harus presisi 100%) supaya hasil print-an sama persis dengan skala gambar aslinya. Lo kudu siapin program yang fungsinya untuk memecah objek 3D menjadi tumpukan objek 2D, terus lo kudu 'convert' object tersebut kedalam kode bahasa 'g-code', 'g-code' ini fungsinya untuk perintah kepada mesin printer, kemana harus menggerakan sumbu x, y, z juga extruder.

Rancang axis mekanik (another option)
Kedengarannya horror ya? wkwkwk.... itu blom seberapa, selanjutnya lo kudu bikin interface atau rangkaian antar muka antara komputer dengan kontroler printer, selanjutnya lu kudu bikin rangkaian driver yang tugasnya untuk menerima perintah dari kontroler untuk menggerakan motor, berapa kecepatan, step, clockwise ato counter clockwise.

Pemilihan bahan, pemotongan bahan
Terakhir kudu bikin extruder sekaligus filament-nya, fungsinya untuk melakukan inject bahan. Sudah banyak yang menjual jadi ga perlu impor, memang masih terbilang barang mahal, ya kalo masih punya tenaga extra bikin sendiri aja filament-nya.

X - Y axis platform
X - Y axis platform
X - Y axis platform
Ada beberapa sistem 3D printer yang gw kantongi, sistem ini sebetulnya kurang bagus, mulai dari proses waktu ng-print, ongkos ng-print (bahan-bahan), jauh dari efisien, 3D printer diperuntukan untuk membuat prototype, ya not bad lah buat para hobbies untuk membuat 3D printer dengan sistem inject seperti ini. Karena untuk membuat mesin printer sistem lain biaya riset and development nya lumayan, dilain sisi pengetahuan kimia juga bahan baku jadi pikiran ..... susah, padahal negara ini lengkap kudunya, desigh!



Jadi printer 3D ini bisa diubah jadi mesin CNC router atau CNC milling, semua tergantung dari rigiditas mekanik, jadi kaya gini.

CNC milling 3 axis
Pemilihan rel mekanik
Pengecoran bearing
Option, ex-printer rel
Cor bearing
ngecor lagi
Hasil cor
Hasil cor final
Abis dicor dites dong
Kalibrasi, aligment rel

Rel + bearing housing
Rel + bearing housing
Rel + bearing housing
Namanya apaan ya?
Dudukan rel axis
Smeels good
To b Continued ...

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment