Social Icons

Pages

Sunday, June 21, 2015

Bikin Table Saw part 1


Butuh alat pendukung untuk motong! Bicara mesin potong realitanya ga bisa satu karna beda kasus beda mesin & otomatis beda fungsi jadi minimal butuh 3 jenis mesin potong, yang namanya alat potong bermesin elektrik wajib hukumnya membantu pekerjaan menjadi cepat, presisi, dan yang paling penting perfecto!

Add caption

Mesin gergaji konvensional yang manual juga masih tetep dibutuhkan untuk kasus lain meski ga sesering mesin elektrik dengan design khusus, masalahnya memaksakan diri menggunakan gergaji tangan manual terlalu menguras tenaga untuk potongan panjang, plus hasilnya jauh dari sempurna, ... wasting time, wasting energy, perusak mood dan kreativitas :D
"Table Saw" ini dibuat dari mesin "Circle Saw" yang dilengkapi dengan meja dan penggaris 90 derajat, ga maksain terlalu ribet karena yang penting mesin ini berfungsi dulu, da kebelet banget ne coy, haha ...

Mesin "Circle Saw" sudah dilengkapi busur derajat untuk kemiringan pisau, juga setingan tinggi rendah pisau, .... memang ga memuaskan tapi lumayan bisa digunakan untuk sementara, so dudukan "Circle Saw" digunakan sebagai chasis "Table Saw", ... hahaha, akhirnya bisa juga gw ngesampingin idealisme, idealisnya next time aja pas upgrade :D


Chasis "Circle Saw"

Kayu yang digunakan kayu papan bekas tempat tidur jaman megalitikum jadi kayunya so pasti pool kualitasnya, ketebalan kayu papan 2cm cukup tebal memang, berarti papan harus disopak supaya "Circle Saw" ga terlalu mendem kebawah, besar gergaji "Circle" 7 inchi, kalo papan ga disopak ketinggian pisau max jadi 3cm, sementara kebutuhan max 5cm.

Proses routing
Jadi tukang kayu dulu hari ini, mmm ... dari pada dipahat mendingan dirouting dulu pake router (mesin profil), ... sayang disayang mata pisau router baru setengah jalan patah coy!


Hasil routing

Salah gw ui karna ukurannya terlalu kecil ... so gw pake mata router 5mm lebih aman, hasinya diatas noh!

Hasil routing & pahat

Hahaha ... bisa juga gw bikin lobang rapih, kedaleman sopakan 1cm, abis dirouting langsung dipahat and dialusin, haha .... hasilnya cukup memuaskan, MERDEKA!

Best result
Goooood, sesuai keinginan memblesek rapih 1cm, haha ... jadi jarak "Circle Saw" sekarang 1cm dari atas, jarak max ketinggian pisau 4,5cm, bisa dipake meski ngarepnya pan min 5cm, no problemo ...


Chasis dibaud

Testing..ting..

Langsung coba pemotongan perdana, ngeng..ngeng...., ketinggian pisau dengan ketinggian kayu pas, kayu po'on belimbing coy, teruji mata pisau dan mesin potong stabil dan kokoh nancep dimeja! ...... tapi suaranyaaaa cadas coy!

Safety Tools
Safety first bro ... mata, telinga ama tangan semuanya titipin so kudu dijaga bae-bae ..... manaaaa mata genitnya, wkwkwk ..... desigh!!!

Cutting!

Ini bentuk awal sebelum dibuat lobang lebih besar untuk space mata pisau, mata pisau yang digunakan masih bawaan mesin "Circle Saw", pas dites hasilnya NOT BAD! .... jadi persediaan mata pisau "Circle Saw" bisa disimpen, mata pisau "Circle" banyak ragamnya, lebih baik membeli mata pisau terbaik, karena selain tajam and awet, hasil potongan lebih rapih, ada juga mata pisau yang hasil potongannya rapih mengkilat, tapi harus nyari di toko perkakas besar, toko kecil ga akan ada karena harganya juga gooood :D

Kalibrasi, alignment pisau

Semua da OK, selanjutnya kalibrasi pisau sekaligus mengatur posisi pisau agar menyiku 90 derajat terhadap meja, karena proses motong nantinya akan menggunakan penggaris geser yang presisi 90 derajat, disini baru terasa bahwa casis bawaan mesin "Circle Saw" ngga banget lah, agak reyot yang bisa bikin proses perubahan kemiringan/ketinggian pisau akan merubah arah pisau menjadi tidak siku 90 derajat terhadap meja, kalo ga dikalibrasi hasil potongan ga akan nyiku, ah disaster! ... tapi ini kan sementara jadi kecurigaan dari awal bukan fitnah lagi, da kebelet pangen make coy, haha ....

Hasil kalibrasi & alignment

Mata pisau harus lurus 90 derajat dari garis tepi meja juga nyiku 90 derajat terhadap meja (jika pisau diset kemiringan 90 derajat).

Pemotongan kayu

Penggaris geser rencananya dibuat dari besi holow 15x30mm tebal 1mm, tapi besi ini bisa penyok ketika diberi baud bahkan bisa bengkok, so besi harus diberi isian, mau pake semen? .... TETOT! .... pake resin? .... TETOT! .... PAKE APADONG?

Pake kayu aja sekalian ngetes kepresisian hasil potongan kayu!

Debu limbah potongan

Uedian tenan mulai dari ujung pala ampe ujung kaki bubuk kayu semua, motong kayu jadi mesti pake seragam anti huru-hara, wkwwk ..... masker+google+tutup telinga+sarung tangan .... wow mirip pasukan kura-kura, wkwkwk ....

Kayu dalam besi holow
Kayu dalam besi holow
Kayu dalam besi holow

Perfecto! .... ini namanya gooood JOB! kayu ga longgar and ga terlalu seret juga dibesi holow, kalo terlalu seret bisa merubah bentuk ato kelurusan besi holow, yang ini .... jempol gan! Berarti "Table Saw" da bisa dipake, tapi gimana kalo pasang kaki sekalian? alright ...!

Pengaris geser 90 derajat

Pengaris geser 90 derajat
Pengaris geser 90 derajat (finishing)
Pengaris geser 90 derajat (finishing)

Penggaris siku bisa digeser ke kiri or kanan tergantung ukuran kayu yang akan dipotong, haha .... "table saw" nya da punya kaki berbahan besi holow, sengaja dibuat ramping karena nantinya mau dibuat laci-laci ... mmm, MANTAB!

Table baru

Ga puas liat "Table Saw" padahal bahannya bagus dari papan bagus, tapi apa daya ga puas ngeliatnya ganti pake multiplex 15mm, jadi ga perlu disugu lagi langsung flat COY!

Finishing 73%
Haha .... warnanya pink, tadinya pengennya putih semua tapi karena seru diproses bikin jadi males ke matrial beli cat, adanya pink WHY NOT!

Next bikin sistem vacuum untuk pembuangan debu potongan, sebadan-badan plus seruangan workshop penuh debu potongan, haha ....


Mesin ini sangat berbahaya proses pemotongan butuh konsentrasi tinggi, kecuali motong kayu satu tangan smsan satu tangan ngupil aman coy, tapi seriously it's very very dangerous coy ga bisa pake becanda, jadi bagusnya pake saklar kontak khusus.

Alright mission complete!

to b continued ...
Post a Comment