Social Icons

Pages

Tuesday, June 30, 2015

Random project, ME & @dragon workshop

CNC project
Gw cinta mati sama science, tapi gw ga ngarti apa-apa, semua pake cinta brow ...

CNC
Ini design CNC gw tapi sepertinya ga jadi juga dibuat karna final desicion jatoh ke CNC 3 axis 3000x1500mm, masih ngumpulin rupiah buat ngewujutinnya, entah jaman mana gw gila sama CNC yang jelas ampe sekarang gw masih ketagihan.
Dulu sekitar taon 2007 gw bikin CNC dengan modal nekad, karena pake cinta meskipun waktu itu pake alat-alat seadanya "got lucky" hasilnya ga bikin kecewa, poto-potonya da entah pada dimana.

A axis & Z axis
Custom linear bearing
Z axis on X axis
Z/X axis
Waktu itu gw bikin dari sampah elektronik, mulai dari motor stepper sampe komponen elektronik gw dapet dari sampah printer, beruntung barang-barang jadul punya mainboard printer yang bisa dihack, berbeda sama sekarang semua serba modul berbentuk chip jadi susah dihack.

Main board printer bekas
Dengan modal pengetahuan elektro super pas-pasan secara gw bukan anak elektro pake cinta semua bisa, ada aja otak ngasih solusi, bukan konsistensi, bukan juga disiplin keras, semua karena cinta yang bikin keinginan-keinginan itu sulit diterjemahkan, seolah tidak ada batasan, otak pun merespon dalam mode happy apapun keadaannya.

Komponen sampah elektronik
Komponen printer tidak memiliki kode seri seperti kode komponen jualan, tapi dibalik itu semua gw yakin kualitasnya wahid punya, chip diatas TOSHIBA JAPAN TD2-83AP adalah IC darlington ULN2028, board mainboard enak untuk ditelusuri karena banyak simbol-simbol yang membantu, damn much I enjoy it!



Video trial Z axis

Dengan bekal ilmu pas-pasan gw teringat sharing yang diberikan teman bernama Om Aan soal IC dekade counter, dia pernah bilang kalo mo belajar peajari aja dulu IC CMOS 4017, berawal dari gagal sampe ngarti, wkwkwk ... cara kerjanya mirip shift register, ga abis akal gw pake 555 sebagai clock, CMOS 4017 sebagai decade counter (as shift register 4 pin), ULN2028 as driver, horeee .... stepper bisa jalan, gw bisa pake semua komponen ini karena gw pelajari apa itu stepper motor, karena stepper motor ada 2 jenis, bipolar dan unipolar, rangkaian driver unipolar jauh lebih mudah berbeda dengan bipolar, alhasil dengan informasi itu gw ngarang-ngarang rangkaian memaksimalkan yang ada, ternyata di mainboard printer ada IC driver tapi gw ga pake karena bentuknya SMD jadi ga bisa dites dibreadboard.

Z & X axis (3D design)

Setelah 2007 entah kemana fokus gw sampe-sampe project CNC ini gw lupain, baru sekarang-sekarang gw bisa fokus and berencana untuk ngebangun dengan lebih zerius lagi, and baru sekarang gw beli part-partnya secara serius.

Stepper motor+gearbox motor

Motor stepper ini mampuni untuk CNC besar, so gw punya 2 set motor untuk dijadikan 2 set CNC, 1 CNC 3 axis, 1 CNC 4 axis, membuat drivernya tidak sulit tapi dihitung-hitung bikin sendiri jauh lebih mahal costnya dibanding beli jadi. Gw lagi kepikiran motor servo, karena sebetulnya motor servo yang muahal itu bisa dibuat sendiri, haha ... luv ya!

Yummy
It's delicious!



@dragon workshop art work design & interior

Baju anak
Baju anak
Project iseng @dragon workshop bikin baju anak dari bahan cotton sisa, printing and jait sendiri.

Child batik T-shirt

Child batik T-shirt
Baju ini dibuat pake tangan and limited edition.

@dragon workshop logo ke-2

@dragon workshop logo terakhir
Gw suka grafis jadi gw suka bikin-bikin logo and design kaos sendiri, semua berawal dari rasa ingin tau yang tinggi soal printing ga ada niat buat usaha.

MUG

Custom Drum stick

Drum stick ini blom ada di indonesia baru @dragon workshop yang bisa bikin, dulu gw bedua ama sobat bernama Andri bule riset gimana caranya bisa mindahin gambar ke drum stick, dari pagi, siang ampe malem sibuk riset, dari semua perjalanan gw ngeliat gw berbeda dengan Andri, gw perfectionis sementara Andri simple, kalo otak da ketriger exited gw ga pernah peduli punya duit berapa pasti gw glontorin buat riset and gw bikin prototype serius, berbeda dengan Andri dia serba sederhana and simpel.

Dia banyak menggunakan barang rongsokan dan barang-barang yang ada ga serba beli, dia ga gelisah bikin prototype  tambal sulam and ga enak dipandang, dari sana gw serasa dapet petunjuk berharga, tanpa ada proses saling menggurui, mata kepala ini melihat fenomena lain so gw download and instal diotak karakter itu, and sekarang gaya perfectionis gw da ga kaya dulu lagi and sekarang more efisien langkahnya, ternyata proses saling menghargai itu jauh lebih memiliki dampak nyata dari pada saling menggurui.

Kita juga ga nanggung-nanggung sekalian riset ke pick gitar, dan waktu itu belum ada di indonesia pick gitar bergambar, karena beberapa kesibukan fokus gw melenceng jauh sekian tahun and berdampak gw ga fokus ke pick dan drum stick, dan sekarang ternyata pick gitar bergambar ini sudah ada yang jual ... gw ga tau tehnik mereka seperti apa yang jelas hasil pekerjaan mereka sempurna.

Guitar pick custom
@dragon workshop
The Titan band
19 maret band
@dragon workshop drum stick "Mesmerizing"

@dragon workshop drum stick "Classical"

Coklat band
Setelah dapet tembus order sama ID indonesia drumer, banyak artis or teman jadi broaker, haha ... imbasnya jadi keteteran orderan, sayang poto-potonya ga komplit.

@dragon workshop drum stick "Origin++"
@dragon workshop drum stick "Luminance"  Cartoon edition
Gw pernah riset and berhasil sempurna bikin drum stick menggunakan cat racikan sendiri, drum stick jadi ga licin malah menyerap keringat and gambar lebih bright menempel di stick.

ICM Ice cream machine

ICM ice cream machine ga ketinggalan gw bikin, langsung gw bikin full otomatis karena sekarang gw da bisa pemrogramman and seperti biasa semuanya gw lakukan sendiri.

Flowchart program ICM

Flowchart program ICM

Control panel

Control panel program testing
Mulai dari kecintaan sama science gw dengan modal nekad ga ngarti apa-apa soal mesin pendingin sekarang jadi bisa blaga bak engineer pendingin, wkwkwk ... panas dan dingin itu bukan misteri tapi science!

Mesin ICM
Control panel in action on ICM
ICM

ICM (3D design)

Control panel design with 8051+ADC0804+LM35
Wkwkwk .... gw baru sadar selama ini gw ga fokus and ga bertanggung jawab sama apa yang sudah gw mulai dan gw ga menyelesaikannya, ga ada yang terlambat tapi gw terlalu lambat memproses waktu, pas beres-beres gw nemu file hard copy controller ICM, pas gw liat tanggal pembuatannya 25-12-2009 persis kek dipoto atas, OMG .... it's been a long time, dan controller ini sudah di PCB-kan plus solder komponen komplit, jadi ICM ini dimulai dari taon 2009 toh, disamping itu masih banyak project-project lain yang terbengkalai, jadi gw tulis artikel ini sebagai remedy and shock therapy buat kelalaian gw selama ini.


E-book
Gw juga sempet suka nulis and bikin-bikin e-book untuk dishare gratisan, berikut beberapa artikel yang gw e-book'an :

e-book window
e-book Tutorial bermain gitar

e-book teori dasar bermain piano
Gw bisa gitar ga berguru bahkan hampir semua bidang keilmuan gw tanpa berguru, terkadang dulu gw bertanya-tanya apa gerangan yang di kehendaki Sang Maha Pencipta karena perjalanan gw beda dengan yang lain, gw bisa gitar karena freak dari kecil, bisa piano karena tau teori gitar, waktu itu latihan fingering piano maksudnya untuk mendongkrak semangat keyboardist band gw, secara dia kursus klasik tapi permainannya jauh dari yang diharapkan karena malas berlatih, akhirnya gw latih jari-jari gw and gw sering maen piano didepan dia, and berhasil dia jadi lebih termotivasi untuk maju, bonusnya gw jadi bisa piano, jari-jari gw bisa grepe-grepe tuts piano ampe merem melek coy, wkwkwk ... jangan tanya pilih piano ato gitar semuanya berbeda jadi semuanya punya cinta sendiri.

Catalog dagangan alat-aat musik
See inipun tidak berlanjut, gw yang memulai tapi gw juga yang tidak menuntaskannya, gw memang punya passion besar untuk sosial, tapi terlalu lambat untuk memproses, sementara kita ga akan pernah mungkin menguatkan orang lain sebelum kita kuat, kita ga mungkin membantu orang lain sebelum kita bisa bantu diri sendiri, kita ga pernah mungkin mencintai orang lain sebelum kita mampu mencintai diri sendiri, kehidupan dibangun dengan kekuatan bukan dengan impian!

e-book Seni berfikir edisi I

e-book Seni berfikir edisi II

e-book Seni berfikir edisi III
e-book Seni berfikir edisi IV

e-book Seni berfikir edisi V

Las air

Skala molekular

Dry cell

Dry cell+mata las+regulator

Rancang awal

Tabung+high presure

Dry cell+reservoir+presure gauge+compresor+mata las

Busur api

Dry cell
Instalasi las air ini cukup menantang otak, sistem dibangun saling menyempurnakan, air dalam reservoir harus ditekan kedalam dry cell tanpa bantuan pompa tambahan, karena itu gas keluaran dari dry cell di looping kedalam reservoir untuk memberikan tekanan agar airmengalami tekanan kemudian masuk kedalam dry cell, sekaligus berfungsi sebagai pengaman (wet flashback arrestor), namun tekanan ini dirasa masih kurang besar, memang dikarenakan jumlah dry cell yang sedikit, tapi tekanan gas dibagian output dry cell pun ikut tertekan mengakibatkan dry cell bekerja 50% (tidak maksimal), hal ini mengakibatkan busur api kecil.


Musik
"Satch" ibanez JS1200CA

My lovely "Satch"

My lovely "Snout boy" ibanez prestige RG2720FMBX+ my first GT-3
Marshall cube+GT8

Fat boy BOSS GT-8

Disk jokie

LED CUBE

Led cube
Led cube

LINUX

terminal+congky+cairo dock
Hacking hot spot

BASH bourne again shell

A Weird device

First attemp
Prespective
Prespective

ZEMOD!

Zemod

Berkebun

My little po'on

Berkebun itu sangat mengasikan, mereka guru yang tidak pernah berbicara verbal, mereka adalah roll model kehidupan yang hakiki, mereka mengikuti apapun perlakuan kita tanpa isyarat penolakan, sekaligus ribuan pasukan udara, darat dan air dihadirkan untuk menyempurnakan proses, bekerja maksimal tanpa pernah protes dan menuntut satu sama lain, satu hal yang mereka kerjakan adalah bekerja dan bekerja dan bekerja.

Takjub memperhatikan habitat kecil mereka, ternyata mereka tidak berdiri sendiri melainkan didukung ribuan penghuni jagat menyelesaikan pekerjaannya  masing-masing tanpa pernah bosan dan kenal lelah, sontak seketika semua pemandangan itu mengkerdilkan jiwa dan pikiran, dan melelehkan kenagkuhanku.

Apa sumbangsihku bagi habitat terkecilku, bagi alam pikiranku, alam jasatku, alam batinku, apa pekerjaanku selama ini, aku adalah budak dari pikiran-pikiranku sendiri, setelah jalur-jalur itu tertata kuat diotaku, maka aku menjadi pribadi yang berkarakter, pribadi yang sulit berubah dan dirubah, pemandangan itu berkata santun bahwa aku tidak sejalan dengan alam, perkataan santun itu mampu menembus dinding-dinding kekerasan hati, perkataan santun itu tidak meluluh lantahkan mentalku menyisakan penyesalan melainkan membuatku  sadar dan bergerak lebih nyata.

Pohon itu sekarang sudah setinggi 1m disertai pohon salak, jeruk, pepaya, mangga, belimbing,dkk. Bagaimana mungkin berawal dari biji berlantai tanah bisa berubah menjadi pohon yang bisa berbuah, setelah memperhatikan prosesnya ternyata banyak pihak terlibat, semua terlibat bahkan langitpun tidak mau ketinggalan,  setiap hari aku bergaul dengan mereka melalui siraman air dan duduk berbincang, namun tidak setiap hari itu pula aku dapat melihat dan mendengar pemandangan itu, sepertinya karakter itu begitu kuat dan kaku.

Terkadang aku diuat bertanya-tanya dan keanehan sendiri karena bisa memakan 3 hari aku menjadi manusia baru yang lebih tentram dan realistis setelah melihat dan mendengar pemandangan itu, selanjutnya karakter itu mengambil alih lagi agar aku melaksanakan agendanya dan aku kembali bisu dan tuli.


it's journal of journey, ... my journal my journey!


1 comment:

Herik hamzah said...

Om, knapa ga gulis blog lagi?
Gw banyak belajar dari sini.