Social Icons

Pages

Tuesday, June 9, 2015

Bikin Mesin Potong elektrik

Alat bantu bagian yang ga bisa diabaikan, pertama dengan alat bantu yang tepat pekerjaan selain jadi cepat tapi nilai kerapihan, kesempurnaan, presisi, menghilangkan nilai kegagalan sebanyak 0%, harus menjadi pasti. Alat potong ada banyak masing-masing punya kelebihan/kekurangan and spesialisasi sendiri, alat potong lurus ada beberapa diantaranya:

79%
1. Scrollsaw
2. Circlesaw
3. Bandsaw
4. Bowsaw
6. Jigsaw
7. dsb

Bicara tentang alat bantu (perkakas listrik), bicara soal efisiensi juga maintenance yang praktis and murah, tapi ga mengurangi fungsi dan kesempurnaan alat. Ada banyak pilihan hampir semua alat diatas menjadi penting, tapi perencanaan pembuatan circlesaw untuk besi mesti dilihat dari sisi kemudahan mendapatkan spare part (mata gergaji bulat untuk besi), mata gergaji ini sangat susah dicari dan mahal, untuk pemakaian sering mata gergaji ini biasanya hanya berumur 1 mingguan sudah tumpul, hanya sekali pakai, mata gergaji besi biasa mudah didapat, banyak pilihan merek dan jenis and jauh lebih murah.

Gergaji besi
Perancangan awal
#2

Mesin perkakas listrik yang menggunakan metoda seperti gergaji ini adalah 'Bandsaw', 'Jigsaw' dan 'Scrolsaw', bedanya 'Bandsaw' menggunakan mata gergaji seperti belt ukuran besar, jadi arah pemakanan mata gergaji hanya satu arah, saat ini harga mata gergajinya diatas Rp.400.000.-, belom bisa dipastikan berapa lama umur pemakaiannya, mata gergaji ini tidak di semua toko perkakas bisa ditemukan, sulit dicari.

Dudukan gergaji
Mesin perkakas listrik 'Scrolsaw' mata gergajinya jauh lebih mahal dibanding dengan mata gergaji kecil, perbedaannya mata gergaji scrolsaw punya kaitan di kedua ujungnya, kualitasnya setelah diuji jauh lebih kuat mata gergaji kecil biasa selain itu mata gergaji kecil punya banyak variannya, mudah dicari, jauh lebih murah.

Jigsaw berbeda fungsi & mekanis jadi ga perlu dibahas, mata gergaji besi biasa ini harus beroperasi up and down secara tegak lurus, berbeda dengan bandsaw yang hanya memiliki satu arah putaran, prinsip kerja scrolsaw bergerak up and down, tapi tidak gerak lurus, dilain sisi getaran vibrasi dari mesin meningkat pada RPM tinggi, jadi mesin gergaji besi biasa harus menggunakan prinsip kerja sendiri.

Dudukan gergaji, pulley + gear
#2
 Harga gergaji besi biasa saat ini paling murah dibandrol RP. 11.000.- bisa bertahan 2 minggu jika digunakan sangat sering, bisa digunakan untuk kayu, plastik, acrylic, alumunium, besi tanpa harus mengganti mata gergaji, alat ini belum bisa ditemukan di pasaran. Kebanyakan dipasaran mesin-mesin potong elektrik berharga mahal, karena kebanyakan menggunakan chassis dari coran jadi bisa meredus tingkat rigiditas yang baik, harga mata gergajinya mahal dan sulit dicari sulit disubsitusi, hanya sekali pakai.

Dudukan/tahanan gear








Dudukan gear berfungsi untuk memegang gigi penggerak gergaji untuk menempel kuat pada dudukan gergaji, sekaligus sebagai housing (rumah gear), dibuat dari bahan teflon jadi sangat licin.

#2
#3
#4
Pulley mekanik ini terbuat dari kayu fungsinya sebagai penggerak mekanis pisau gergaji up and down.

Pulley

Pulley mekanik + gear
#2
Pulley kayu ini dibuat menggunakan bor duduk ini videonya ... watch this out ....

Video cara pembuatan roda pulley

Pulley + mesin motor
Mesin ini rencananya akan digerakan menggunakan motor AC, sebetulnya bagusan motor DC+ gearbox, motor DC sangat mudah dibuat speed controllernya, berbeda dengan motor AC, selain tidak sederhana untuk membuat speed controller motor AC terlalu mahal dan terlihat sangat kuno, wkwkwkwk ...

Proses kalibrasi and penentuan rotasi pulley, diametar pulley, diperuntukan agar mendapatkan nilai up and down yang diinginkan, berikut videonya ... 

Pengukuran rotasi roda mesin potong



Bersambung … as to b continued ...
Post a Comment