Social Icons

Pages

Friday, June 19, 2015

Bikin Mesin Forming Plastik (produksi casing)


Bicara soal 'Packaging' and 'Casing' bicara soal plastik akhirnya dibuatlah mesin ini, mesin ini fungsinya untuk bikin casing berbahan plastik, Styrofoam, or semacamnya, ada bedanya sistem mesin ini dengan mesin-mesin lainnya, misalnya mesin inject molding, mulai dari mobil-mobilan, casing mouse, casing HP, dsb, semuanya dibuat menggunakan mesin 'Plastik inject Molding'.
 
Control panel Digital (design 3D)
Mesin ini sedikit jauh berbeda sistemnya dengan inject molding, mesin plastik inject molding sebelum mampu membuat casing harus dibuat dulu cetakannya, biasanya berbahan metal yang biaya pembuatannya sangat mahal, akhirnya pemesanan casing harus banyak agar ongkos produksi tidak terlalu mahal.
Berbeda dengan mesin forming made in sendiri ini, mesin ini didesign memang untuk pemesanan limited, misal khusus untuk pembuatan 'prototype', dimana-mana kalo bikin prototype biasanya satu, mesin ini bisa merealisasikan impian kebutuhan para konsumen, hasilnya ongkos produksi casing menjadi tidak mahal jauh jika dibandingkan ongkos produksi menggunakan mesin inject molding, karena mesin inject molding memang ditujukan untuk 'mass production' alias produksi masal, tapi dengan sedikit sentuhan mesin ini pun bisa disulap menjadi mesin pembuat produk masal full automatic :D

Sebelum lari ke bengkel untuk produksi, digambar dulu animasi 3D nya, supaya semua kurang lebihnya, efisiensinya bisa dilihat disini, tapi seringnya kalo da masuk bengkel otak uda ngarti, jadi gambar 3D plus hasil renderingnya suka dimunculin di 'occipital lobes', wkwkwk ...

Engsel (design 3D)
Finalnya sistem ini ga dipake jadi ga pake sistem engsel.

Sistem hydraulic, lifter, engine, controller (design 3D)
Finalnya sistem ini pun ga dipake, karena sistem 'hydraulic' menggunakan motor 'gearbox' + kabel seling + dsb, final sistem yang digunakan sistem angin.

Lock system (design 3D)
Final sistem dirombak total.

Lock system (design 3D)

Final Result (design 3D )
Mesin ini di design portable agar bisa difungsikan secara 'mobile' namun memiliki fitur 'full automatic', operator hanya perlu memasukan angka-angka yang memuat rumusan bahan material, bentuk objek, dan lama waktu yang dibutuhkan mesin untuk menyelesaikan 1 siklus tugas, menggunakan LCD dan 7 segment.

Main system (design 3D)
Engine block (design 3D)

Proses produksi di bengkel ...

Main system 10%

Narsis 10% Zooming!

Prespektip!

15%

Design programming & hydraulic system
Flowchart program

Rock n' Roll all night!
Nemu ginian di hardware store, senengnya karena blom pernah liat barang ginian, sekalian tanya-tanya apakah gerangan peruntukan benda ini kisanak? hahaha .... soalnya pas liat otak langsung ngeluarin bentuk 3D di otak .... so cute and bisa dipake! So hari itu borong banyak, and malah besokannya borong lagi, endingnya dari 12 pc yang nempel di mesin dirombak (ga jadi dipake) sisanya jadi stock, wkwkwk ...

35%
Ini bentuk awal mesin sesuai gambar 3D, ga sampe sebulan mesin langsung di upgrade, and sampe saat dibuat artikel ini mesin sudah mengalami upgrade sebanyak 3x, menggunakan operasi sesar, wkwkwk ... jadi bentuknya da jauh dari awal, semua sistem hydraulic, mekanik, controller elektro, program berubah total, yang awalnya mesin berisik kalo lagi operasi, sekarang "100% silent" ga ada suaranya, proses pengerjaan more better, more faster, kekurangannya kadang bingung karena selalu curigaan mesin mati karena ga besuara, wkwkwk .... akhirnya dibuat indikator cahaya sebagai tanda bahwa mesin on duty!

PRODUCT RESULT
Hasil produk mesin, ... oh ketinggalan dude, mesin ini punya topi hidrolik jadi dia bisa up and down kaya lengan robot, tapi ternyata fotonya ga ada ui, sorry video & foto final design mesin ga bisa di share disini karena berhubungan dengan hak cipta, karena mesin ini difungsikan buat mendulang rupiah, jadi sharenya segini aja, semoga bisa menginspirasi, it's Journal of journey ... my journal my journey!

Untuk sementara kami @dragon workshop tidak menjual atau menerima jasa pembuatan mesin forming, kami hanya menjual jasa pembuatan casing.
HMR (top head & arm)
Casing mesin HMR (hyper molecular resonant), mesin ini untuk mengubah molekular air galon menjadi lebih baik untuk diminum, mesin HMR ini diproduksi oleh Hikmatul iman technology.

HMR + model
Barang ini diperankan oleh seorang model tapi berhubung masih residivis jadi wajahnya ga bisa ikut difoto, dari gurat tangannya kita bisa melihat kerja keras dan penderitaan model tersebut ... wkwkwk .... kaboorrrr .... ayem sorry mah bro :P

HMR head
Casing HMR ini memiliki 3 part case dan 2 part bone, artinya untuk membuat casing HMR kami harus membuat 5 jenis objek casing, 1 unit HMR total 14 part. Design 3D, produksi dan finishing casing dikerjakan oleh @dragon workshop.

Zoom in HMR head

Mesin ini juga bisa melayani pembuatan 'Light box sign' cahaya lampu dihasilkan dari lampu LED.

Light box sign (untuk keperluan pameran)
Jhiahhhh ... dia lagi dia lagi modelnya, ko bisa kepoto ya, wkwkwk .... kejantanan seorang laki-laki bisa dinilai dari bentikan jarinya, liat noh, wkwkwk-------- ... ini sesi poto-poto disaat sibuk kejar tayang karena harus kirim ke jakarta, team squad uedian doyan orderan kejar tayang tapi harga pertemanan, desigh ...

Light box sign (untuk toko)

Hurup timbul (untuk toko)
Casing kemasan produk berbahan polyethylene
Casing kemasan produk berbahan polyethylene
Cetakan coklat / coklat mould berbahan polyethylene
Polyethylene untuk makanan menggunakan yang tipis biasa disebut plastik mika.

Karena banyak permintaan berupa kontak bagi yang berminat silahkan melayangkan email ke ***** sorry under construction emailnya *****, syarat pemesanan berupa gambar 3D karena "master" dibuat menggunakan CNC, atau bisa menggunakan jasa kami untuk membuat gambar 3D, kami tidak ada batas minimal order.

Sampai ketemu ditulisan-tulisan saya selanjutnya.
Post a Comment